Pesisir Jatim Diharap Waspada, BMKG Sebut Super New Moon Diprediksi Banjir Rob Selama 8 hari

Tangkapan layar akun IG @infobmkgjuanda
Sumber :
  • Istimewa

Jatim –Baru baru ini, terjadi fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru. Fenomena ini bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) dan bakal menghampiri seluruh wilayah yang ada di Indonesia, termasuk di wilayah Jawa Timur.  

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

Hal ini Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut dari BMKG menyebutkan, rob berpotensi terjadi di sejumlah pesisir di Wilayah Indonesia. 

Bahkan, peristiwa ini menurut BMKG diprediksi akan berlangsung hingga tanggal 21 Januari 2023 mendatang serta bisa berpotensi dalam meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. 

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Untuk pesisir Jawa Timur sendiri, diperkirakan akan dilanda banjir rob selama 8 hari. Tepatnya pada Rabu (18/1/2023) besok hingga Rabu (25/1/2023) mendatang.

Karenanya, untuk mengantisipasi hal tersebut, BMKG mengeluarkan imbauan agar masyarakat yang tinggal di pesisir suatu daerah untuk selalu waspada.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Sebagaimana yang disebutkan oleh Prakirawan Stasiun Metereologi Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno.  Ia menyebutkan bahwa potensi banjir pesisir atau rob memiliki waktu hari dan jam yang berbeda di masing-masing daerah.

Sutarno membenarkan, rob melanda pesisir Jatim selama 8 hari. Namun, untuk pesisir Surabaya Raya, diprediksi berlangsung selama 6 hari saja.

Halaman Selanjutnya
img_title