Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Kediri Resmikan Dua Jembatan Penghubung

Jembatan Ngadi Mojo Kediri resmi dibuka
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi, jembatan penghubung Kediri dengan Tulungagung diresmikan Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Setelah 6 tahun lebih mangkrak, akhirnya Jembatan Jeli itu kini bisa dilalui dengan normal. Selain Jembatan Jeli, Pemkab Kediri juga meresmikan Jembatan Gantung di Desa Ngetrep.

Kakek di Tulungagung Ditemukan Tewas Bersujud Dekat Tempat Sampah

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana meresmikan dua jembatan yang dibangun di Kecamatan Mojo, dan Ngetrep. Jembatan Ngadi mengalami kerusakan akibat diterjang banjir pada Februari 2017 silam, sempat terjadi tarik ulur antar Pemkab, akhirnya Bupati Hanindhito Himawan Pramana berani mengambil alih pembangunan.

"Harapannya jembatan ini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik itu masyarakat Kabupaten Kediri dan masyarakat Kabupaten Tulungagung," ujar Hanindhito Himawan Pramana, Rabu 25 Januari 2023 kemarin.

8 Jalur Perlintasan KA Sebidang di Tulungagung Diusulkan Pembangunan

Mas Dhito, sapaan akrabnya mengaku Jembatan Ngadi dibangun menggunakan APBD Kabupaten Kediri dengan nilai Rp7,7 miliar. Jembatan memiliki spesifikasi panjang 47 meter dan lebar 9 meter, dengan rincian 7 meter untuk jalan, serta 2 meter untuk trotoar baik kanan maupun kiri.

"Kita tidak melihat ini kepemilikannya siapa dan bagaimana-bagaimananya. Yang paling penting jembatan bisa dimanfaatkan dengan baik dari masyarakat Kabupaten Kediri maupun masyarakat Kabupaten Tulungagung," terangnya.

Momen Lebaran, Mas Dhito Temani Kunjungan Menseskab RI Tinjau Bandara Dhoho Kediri

Sebagai informasi, Jembatan Ngadi dibangun sejak Juni 2022 lalu dan bisa digunakan beroperasi pada 27 Desember 2022. Mas Dhito berharap dengan bisa dilewati jembatan itu, ke depan tidak ada lagi kemacetan terutama menjelang lebaran.

Sedangkan, Jembatan Gantung di Desa Ngetrep yang diresmikan adalah pemberoan reward dari Kementerian PUPR pada peringatan Hari Jalan Tahun 2021 lalu. Hadiah diberikan ke Pemerintah Kabupaten Kediri karena dikepemimpinan Mas Dhito. Yaitu menyabet juara dua atas kinerja bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan.

Halaman Selanjutnya
img_title