Bupati Sumenep Usul Jalur Kereta Api Madura Dihidupkan Lagi: Demi Tumbuhkan Ekonomi

Ilustrasi Kereta Api
Sumber :
  • Viva

JatimBupati Sumenep Achmad Fauzi mengusulkan reaktivasi jalur kereta api di Pulau Madura dengan tujuan agar pertumbuhan ekonomi di Pulau Garam meningkat. Pengaktifan kembali jalur kereta api jadi opsi jika pembangunan Tol Trans Madura tak jua direalisasikan.   

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Fauzi berpendapat, dulu ketika jalur kereta masih beroperasi, ada banyak komoditas yang hilir mudik dari Madura ke Surabaya, termasuk wilayah-wilayah lain di Jawa Timur. Sehingga upaya reaktivasi transportasi kereta ini bisa meningkatkan perekonomian di Pulau Madura. 

Menurut politikus PDIP itu, Madura kaya akan komoditas garam, termasuk gula, jagung, dan daging sapi. Kayanya potensi ini membuat Madura bisa menjadi kekuatan andalan nasional untuk menopang target swasembada pangan. Namun, infrastruktur untuk menopang hal tersebut belum banyak difasilitasi. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

“Dengan reaktivasi jalur kereta, akan ada pemangkasan waktu dalam perputaran komoditas. Dengan sendirinya, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Madura,” kata Achmad Fauzi, tokoh muda Madura.

Fauzi mengaku telah mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo terkait permintaan menghidupkan kembali jalur kereta. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

Bahkan, Mustasyar Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, itu turut mengajak kepala daerah lain di Pulau Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan) untuk bersama-sama mengingatkan kepada pemerintah pusat ihwal pentingnya reaktivitas jalur kereta. 

“Jangan lupa, komoditas-komoditas seperti garam dan gula selama ini banyak didapat melalui importasi. Miliaran dolar yang harus dibayarkan. Jadi, kenapa tidak mengandalkan Madura yang kaya akan potensinya,” imbau Fauzi. 

Halaman Selanjutnya
img_title