Testimoni Dubes Uni Eropa saat Nikmati Kopi Wonosari Malang, Vincen: Sangat Nikmat

Dubes Uni Eropa saat Nikmati Kopi Wonosari Malang
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimKadin Jatim gelar kegiatan dengan tajuk Ngopi Bareng bersama Dubes Uni Eropa di Tumbazz Kopi Malang Rabu, 01  Februari 2023. Di kesempatan ini, Kadin Jatim, Edi Purwanto mengajak Dubes Uni Eropa untuk menikmati kopi asal Malang. 

Tim Peneliti Bappenas Berkunjung ke Kadin Jatim, Ini Tujuannya

Duta Besar Uni Eropa mencoba minum racikan kopi robusta dari Wonosari Malang yang terkenal dengan cita rasa khasnya. Ia juga sangat tertarik dengan kopi rempah yang miliki khasiat untuk kesehatan pria. 

"Sangat nikmat. Kripik buahnya juga sangat enak," ujar Vincen.

Pengusaha Libya dan Tunisia Kunjungi Kadin Jatim, Kepincut Produk Indonesia

Sebagaimana diketahui, Uni Eropa merupakan salah satu wilayah dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia, yakni 40,25 juta kantong berukuran 60 kilogram per tahun. 

"Di Itali misalnya, konsumsi kopi per kapita rata-rata mencapai 5,6 kilogram per tahun. Ini peluang sangat besar. Dan Kadin ingin lebih mengenalkan produk kopi Malang ke pasar Uni Eropa. Hal inilah yang mendasari kami untuk mengajak Duta Besar Uni Eropa mencicipi kenikmatan kopi khas Malang," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Bidang Pertanian dan Pangan Edi Purwanto.

Hendy Setiono Repnas Serukan Pentingnya Diplomasi Perdagangan Global

Edi Purwanto mengatakan sangat berterimakasih atas kehadiran Dubes Uni Eropa di Malang dan mengapresiasi kehadirannya untuk mempererat hubungan serta menguatkan kerjasama perdagangan produk Malang yang diekspor ke Uni Eropa. Ekspor kopi Jatim pada 2022 ke Uni Eropa USD 73,998 juta dengan volume 19, 263 ton.  

"Ekspor kopi Jatim ke Uni Eropa masih kalah jauh dengan Vietnam karena jalur distribusi menggunakan transportasi laut. Kalau Vietnam kan lewat darat, jadi lebih murah. Kita kalah bersaing karena besarnya biaya distribusi. Ini kita coba bicarakan dengan pak Dubes bagaimana solusinya. Kita ingin meningkatkan pendapatan petani agar kesejahteraan mereka juga ikut terangkat," kata Edi. 

Halaman Selanjutnya
img_title