Reaktivasi Jalur Kereta, Usulan Bupati Sumenep Didukung Tokoh Madura

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimTokoh Madura yang kini menjadi praktisi hukum dan aktivis media sosial, Husin Alwi Shahab, mendukung langkah Bupati Sumenep yang meminta pemerintah pusat kembali menghidupkan jalur kereta di Pulau Madura. 

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

“Dengan adanya kereta api, akan memperlancar transportasi dan mengembangkan perekonomian masyarakat di Madura,” kata Husin Alwi Shahab kepada media. 

Diketahui, desakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi berdasarkan terhadap aspirasi masyarakat Madura. Usulan ini disampaikan saat menerima kunjungan Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, juga Ketua Badan Anggaran DPR Said Abdullah di Kabupaten Sumenep. 

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Saat pertama dibuat, kereta api di Madura difungsikan sebagai transportasi angkutan barang. Kini, dampak ketiadaan kereta, angkutan barang menggunakan kendaraan besar. Dampaknya, kerap terjadi kemacetan dan merusak jalan. 

“Dengan adanya kereta api, selain lebih cepat, aman dan efisien, pasti akan berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Mudah-mudahan apa yang menjadi ikhtiar Bupati Sumenep Achmad Fauzi bisa segera terealisasi,” tuturnya. 

Hadiri Sidang Sengketa Pilpres, Sri Mulyani: Bansos Masuk Fungsi APBN

Menurut Fauzi, jika rencana pembangunan jalan tol di Madura tidak memungkinkan, kereta api yang ada di wilayahnya bisa diaktivasi kembali. 

“Ini kan APBN hadir untuk Madura, saya ingin menyampaikan aspirasi saja, itu orang Madura ingin ada tol. Karena tol informasinya tidak memungkinkan, maka kami minta kereta, reaktivasi kereta,” kata Fauzi.

Halaman Selanjutnya
img_title