Saat Muktamar Internasional, Rais Aam PBNU Ajak Umat Islam Sadar akan Tanggung Jawab Sosial

Rais 'Amm PBNU, KH. Miftachul Akhyar
Sumber :
  • LTN PBNU/Saiful Amar

Jatim – Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar ikut memberikan sambutan pada acara Muktamar Internasional Fikih Perabadan I di Hotel Shangri-La Surabaya, Jawa Timur, Senin 06 Februari 2023.  

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa NU secara khusus mendorong umat Islam untuk kembali membangkitkan hati nurani dalam membangun tanggung jawab sosial.

"NU secara khusus ingin membangkitkan kembali hati nurani kaum muslimin, bukan hanya dengan wacana, melainkan juga dengan tindakan, membangun opini publik tentang tanggung jawab sosial," ujarnya.

Soal Perbedaan Awal Ramadan 1445 H, MUI: Mari Saling Menghormati

Menurut Kiai Miftach, langkah tersebut penting dilakukan sebab masyarakat telah dijangkiti kesalahpahaman terhadap konsep kebebasan individu dan tidak menghiraukan tanggung jawab publik.

"Kita semua menyaksikan gejala penyakit ini, yaitu kebebasan yang individualistik, buah dari pemahaman yang tidak benar," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Miftachussunnah Surabaya itu.

Hilal Tak Terlihat di Indonesia, PBNU Tetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriyah Selasa

Kiai Miftach menambahkan, peradaban Islam mesti dibangun kembali dengan menghindari karakter kebebasan semacam ini. Baginya, kita perlu menjadikan jihad dan ijtihad sebagai sebuah kesatuan pemahaman atas Islam.

"Mengombinasikan antara jihad dan ijtihad, yaitu mencurahkan segenap tenaga dan berusaha keras dalam memahami Islam dan mengamalkannya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title