Hendak Lantik Pantarlih, Panitia PPK Pemilu 2024 di Surabaya Ini Keluhkan Gaji dan RAB

Panitia PPK Pemilu 2024 Keluhan RAB dan Honor
Sumber :
  • Yudha Fury / Viva Jatim

Jatim-Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu serentak tahun 2024 di Surabaya, mengeluh dan kebingungan karena hingga kini belum ada kejelasan tentang Rencana Anggaran Biaya (RAB), khususnya untuk pelantikan Panitia Pemutakhiran Pemilih (Pantarlih).

Pantau Progres Coklit Pantarlih, KPU Sumenep Pastikan 75 Persen Selesai

Diketahui, awalnya pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Februari 2023 namun pelantikan ini akhirnya molor hingga tanggal 12 Februari 2023 besok.

Ketua PPK Kecamatan Sawahan Kota Surabaya, Syah Maghroby Muhammad menjelaskan bahwa pihaknya merasa kebingungan terkait biaya penyelenggaraan pelantikan Pantarlih nantinya.

Pramudya, Atlet Bulutangkis yang Dulu Harumkan Indonesia Kini Berbalik Bela Australia

"PPK Kecamatan keluhannya pertama RAB nya belum turun karena tahapan yang akan berlangsung pelantikan pantarlih sementara pantarlih ada 550 membutuhkan biaya yang cukup banyak,", terang Roby, sapaan akrab Syah Maghroby Muhammad.

Selain dana untuk pelantikan, PPK Kecamatan ini juga mengeluhkan honor yang hingga kini belum juga diterima, padahal sudah dilantik sejak awal bulan Januari 2023. Bahkan rekening yang biasa diterima untuk pembayaran honor, belum juga diterima.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

"PPK belum menerima honor , kemungkinan kalau pengalaman yang dulu biasanya 1 bulan berikutnya setelah bulan ini sudah menerima. Namun, saat ini belum jelas karena belum ada RABnya bahkan sampai sekarang belum ada KPU kota. Alasannya belum ada anggaran," ujar Ketua PPK Kecamatan Sawahan ini.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Surabaya memilih untuk enggan berkomentar saat dikonfirmasi dan terkesan dilempar lempar.