Khofifah Optimis Durian Sumberasri Jadi Komoditas Ekspor Unggulan di Jawa Timur

Gubernur Khofifah saat Menghadiri Festival Durian Sumbersari
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa merayakan hasil panen Durian bernilai ekspor dalam Festival Durian Sumberasri 2023, di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Minggu 12 Februari 2023. Festival ini dilaksanakan selama 3 hari sejak tanggal10 Februari 2023 hingga 12 Februari 2023.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Gubernur Khofifah mengenalkan Durian Sumberasri kepada publik. Menurutnya, durian Sumbersari memiliki kualitas, rasa, dan penampilan yang setara dengan Durian kualitas tinggi, seperti Durian Black Thorn dari Malaysia.

"Saya ini Durian Lover , makanya saya relatif  bisa mengenali durian dan  kualitasnya. Nah rupanya di sini ada salah satu varietas Durian yang belum punya nama. Padahal rasa, rupa, dan kualitasnya hampir seperti Durian Black Thorn punya Malaysia," ucapnya. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Mantan Mensos itu pun percaya bahwa Durian Sumberasri akan menjadi salah satu komoditas ekspor unggulan Kabupaten Blitar dan Jawa Timur. Apalagi, dengan mengangkat nama Sumberasri sebagai Desa Wisata. Ia mengatakan bahwa di Desa Sumberasri, Kabupaten Blitar, durian dapat tumbuh subur karena tanah vulkaniknya.

"Saya akan memberikan nama yang lekat dengan desa ini yaitu Durian Sumberasri. Sesuai nama desanya, harapannya Durian ini bisa menjadi sumber rezeki, sumber kesejahteraan, sumber keasrian. Blitar memiliki tanah yang cocok untuk tanaman durian. Orang-orang yang ke Sumberasri belum bisa dibilang sudah ke sana kalau belum menikmati Duriannya," lanjutnya.

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Gubernur yang juga Durian Lovers menekankan pentingnya communal branding  yaitu kegiatan peningkatan kualitas produk, kapasitas kelembagaan, dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia serta untuk pengembangan promosi dan pemasaran di bawah satu merek yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat (community) secara bersama-sama.

"Ini salah satu rahasia bagaimana Jatim bisa menembus pasar dunia. Potensi Blitar bukan cuma di Durian tapi juga cokelat,  Manggis, Nanas, dan Kopi, ikan KOI dan lainnya," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title