Bupati Pamekasan Sampaikan Aspirasi IAIN Madura jadi UIN Syaikhona Kholil saat Acara Mandat Daerah

Bupati Pamekasan Badrut Tamam
Sumber :
  • Wikipedia

JatimBupati Pamekasan Badrut Tamam menginisiasi pemberian penghormatan kepada Syaikhona Kholil Bangkalan. Pemberian penghormatan tersebut akan diberikan dengan cara menjadikan nama kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syaikhona Kholil. 

Laskar Santri Jember Dukung Amin, Ini Kata Pengasuh Ponpes Lirboyo

Aspirasi dan Inisiasi ini disampaikan oleh Bupati Pamekasan kepada Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dalam acara Mandat Daerah untuk Indonesia "Budal Gus" di hotel Majapahit Surabaya, Rabu 16 Februari 2023.

"Sebagai penghormatan kepada Syaikhona Kholil kami memohon untuk menjadi Universitas Islam Negeri Syaikhona Kholil," kata Badrut ke Gus Muhaimin. 

Pasangan AMIN bakal Diantar 19 Kiai Khos Jawa Timur saat Daftar ke KPU 19 Oktober Nanti

Setelah IAIN menjadi UIN, lanjut Badrud, hendaknya jurusan yang ada ditambah lagi dengan jurusan pertanian, dengan program studi meliputi pertanian, peternakan serta kelautan. Hal tersebut bukan lain karena Madura sendiri dikelilingi diisi oleh petani, peternak dan nelayan. 

"Ada pertambahan jurusannya,  pertanian yg meliputi, pertanian daging dan kelautan," katanya. 

Anies-Cak Imin Akui Sunan Ampel Sumber Inspirasinya Menuju Indonesia Lebih Baik

Badrud menambahkan bahawa perjuangan Syaikhona Kholil menjadi hal yang urgen karena ia merupakan salah satu ulama yang menjadi cikal bakal lahirnya organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Menurutnya, Syaikhona juga adalah guru dari para kiai yang ada di Nusantara, oleh sebab itu, sudah sepantasnya Syaikhona Kholil Bangkalan diberi gelar pahlawan nasional.

"Disamping itu Syaikhona Kholil mendapat gelar pahlawan. Karena Syaikhona Kholil sebagai inspirasi lahirnya Nahdlatul Ulama yang sampai hari ini kita jumpai dan cintai," ujarnya.