KKB Kembali Berulah, Terlibat Baku Tembak dengan TNI-Polri di Papua

KKB melakukan pembakaran terhadap lokasi camp mining 81 Kampung Kewe
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sejumlah Kelompok kriminal bersenjata (KKB) kembali berulah. Mereka terlibat baku tembak dengan TNI-Polri di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Sabtu siang, 18 Februari 2023. Bahkan, Mereka juga dilaporkan membakar sejumlah rumah warga. 

Baru Bertunangan, Ayu Ting Ting harus Rela LDR dengan Muhammad Fardana

"Sekitar pukul 12.50 WIT terdengar letusan senjata api sebanyak satu kali dan terlihat asap tebal dari arah Tower Telkomsel Ilaga dan tim gabungan melakukan respon ke sumber asap berasal," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Sabtu.

Respon tersebut menjadi awal kejadian, di mana Tim gabungan TNI-Polri  mengecek lokasi timbulnya asap. Setibanya di sana, aksi baku tembak pun tak bisa dihindari. Meski begitu, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Tinjau Kesiapan Pemilu 2024, TNI-Polri Gelar Operasi Gabungan Keliling Gresik

"Saat sampai di Kampung Nipularome, tim gabungan mendapat tembakan dari KKB dan tim langsung melakukan tembakan balasan ke arah tembakan. Tidak ada korban jiwa dalam kontak tembak ini namun, adanya kerugian material di mana KKB melakukan pembakaran sebuah rumah di samping Tower Telkom. Saat ini, personel gabungan masih melakukan penjagaan dan patroli di seputaran Kota Ilaga," ujarnya.

Kepala Polres Puncak Kompol I Nyoman Punia menambahkan, pihaknya belum bisa melakukam olah TKP buntut kondisi yang belum memungkinkan. Dia memastikan kondisi rumah yang dibakar KKB dalam keadaan kosong karena sudah ditinggalkan oleh pemiliknya. Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp350 juta.

Gubernur Khofifah Makin Optimis Pemilu 2024 di Jatim Aman dan Damai