Kata Waketum PBNU saat Resmikan 100 Cabang BMT NU Jatim: NU Harus Berdikari

Penandatangan prasasti peresmian 100 Cabang BMT NU Jatim
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Jatim – Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zulfa Mustofa mendorong agar NU berdikari secara ekonomi. Sebab, tak dapat dipungkiri, kemandirian ekonomi menjadi kebutuhan mendasar menghadapi era mendatang.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

"Kita harus berdikari, berdiri di kaki sendiri, dan adanya BMT ini adalah contoh bahwa NU berdikari dari bawah. Itu artinya NU sudah pandai kumpul dan pandai berbaris," kata Kiai Zulfa usai meresmikan 100 Cabang BMT NU Jatim, di Graha NUansa, Gapura, Sumenep, Kamis, 9 Maret 2023. 

Kiai Zulfa berharap agar Nahdlatul Ulama memasuki abad kedua dapat berdiri secara mendiri. Kemandirian ini, lanjutnya, dapat dilakukan dari struktur paling bawah di ranah akar rumput.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Sebagai percontohan, BMT NU Jatim yang didirikan melalui lembaga di MWCNU Gapura mampu mengelola aset yang hingga kini terus berkembang. Dengan demikian, NU semakin berdigdaya. 

"Dulu katanya NU kalau mendirikan koperasi jarang sukses, bikin swalayan jarang sukses, sekarang saya bilang kepada seluruh Indonesia silahkan datang ke Gapura, di Gapura NU-nya, managemennya dan organisasinya rapi. Di Sumenep, MWC NU melalui LPNU bisa mendirikan BMT NU dan swalayan," tegasnya. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Kiai Zulfa mengatakan bahwa NU saat ini sudah mulai bangkit menata manajemen. Itu artinya NU sudah mampu menepis anggapan lama bahwa NU hanya pandai kumpul tapi susah berbaris atau rapuh dalam manajemen. Salah satu kerapian manajemen tersebut menurutnya adalah perkembangan BMT NU.

“Sumenep salah satu MWCNU-nya, lewat lembaga perekonomian bisa mendirikan BMT, swalayan, dan graha seperti ini. Ini adalah bukti bahwa manajemen NU sudah rapi. Di abad kedua NU semakin maju dan semakin mandiri," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title