Lapas Terpadu Kota Pasuruan bakal Dibangun Tahun 2023 Ini

Kanwil Kemenkumham Jatim
Sumber :
  • M Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimKanwil Kemenkumham Jatim melakukan percepatan pembangunan Lapas Terpadu Kota Pasuruan. Lapas yang rencananya terintegrasi dengan tempat rehabilitasi bagi penyalahguna narkotika dan pondok pesantren itu akan mulai dibangun tahun ini.

Dapat Kunjungan Dirjen HAM, Kemenkumham Jatim: Kami telah Laksanakan P5HAM sesuai Amanah

"Saat ini sedang masuk tahap pradesain, konsultan perencana menyampaikan konsep awal desain lapas," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari usai mendengarkan presentasi dari PT Primega Saniya Lestari selaku konsultan perencana pembangunan Lapas Terintegrasi Kota Pasuruan hari ini, Selasa, 14 Maret 2023. 

Imam melanjutkan, waktu yang diberikan untuk proses perencanaan pembangunan lapas di lahan seluas 4,17 hektare itu adalah 90 hari. Dimulai sejak 20 Februari 2023 lalu.

Mantan Bupati Malang Rendra Kresna Bebas Bersyarat Usai Peroleh Remisi 14 Bulan

"Tapi kami berharap tahap perencanaan bisa selesai sebelum tenggat waktu yang ditentukan, sehingga proses pembangunan bisa segera dilaksanakan," tutur Imam di Ruang Hayam Wuruk Kanwil Kemenkumham Jatim.

Mantan Kakanwil Kemenkumham DI Yogyakarta itu menjelaskan, tahun ini pihaknya mendapatkan alokasi dana pembangunan Lapas Pasuruan tahap kedua sebesar Rp52.597.442.000,-. 

Masa Orientasi CPNS 2024, Begini Harapan Kakanwil Kemenkumham Jatim

Dana sebesar itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan blok hunian, kantor teknis, dapur, poliklinik, gardu/ instalasi listrik, tembok keliling dan sarpras lingkungan.

"Memang pembangunannya bertahap, setelah tahun lalu selesai proses tahap pertama untuk pengurukan lahan, tahun ini mulai tahap pembangunan fisik," urai Imam.

Halaman Selanjutnya
img_title