Guyub, Perguruan Silat dan GP Ansor Resik-resik Kuburan Jelang Ramadan

Suasana resik-resik kuburan di Karanganom
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Banyak cara yang bisa dilakukan menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan 1444 H. Salah satunya dengan 'Resik-resik Kuburan'. Diinisiasi oleh Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor (GP) Ansor Desa Karanganom menggandeng seluruh perguruan mulai PSHT, PSNU Pagar Nusa, PSHT Winongo, IKSPI, serta IPNU-IPPNU Karanganom.

Titah Ketum Addin Jauharudin soal Konferwil Ansor Jatim: Harus Satu Komando!

Ketua GP Ansor Karanganom, Ahmad Baha'uddin menjelaskan latar belakang kegiatan ini adalah yang pertama mendekati bulan suci Ramadan. Biasanya, warga sekitar berduyun-duyun untuk berziarah ke makam. Sehingga perlu lokasi supaya lebih bersih dan membuat nyaman peziarah.

"Kebetulan kemarin perwakilan saat sowan ke juru kunci menanyakan apa yang perlu dibantu, mendapat respon bagus. Butuh memindahkan kayu dan sampah-sampah di dalam makam," ungkap Ahmad Baha'uddin, Sabtu, 18 Maret 2023.

Serunya Tradisi Sepak Bola Api di Ponpes Mojokerto Kala Ramadan

Selain itu, kegiatan pertama Ansor menggandeng seluruh perguruan silat tidak lain untuk terus berkomitmen dalam merawat kerukunan dan persaudaraan sesama di lingkungan. Terlebih, akhir-akhir ini di beberapa daerah insiden oknum yang tidak diinginkan berkaitan kamtibmas meresahkan masyarakat.

"Ini awal yang bagus untuk terus menjalin komunikasi antar nom-noman (pemuda). Semoga kerjasama akan terus terjalin, merawat perbedaan menjadi sebuah kekuatan.

Jelang Ramadan, Puluhan Anggota Perguruan Silat dan Banom NU di Trenggalek Bersihkan Kuburan

Senada, Perwakilan dari Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Rayon Karanganom, Maulana dwi santoso menuturkan kesan kegiatan kerja bakti cukup menarik. Ia berterima kasih kepada Kepala Desaa beserta perangkat, dulur-dulur pemuda yang bergabung di berbagai perguruan silat.

Lana berharap ke depan bertambah raket (lengket) seduluran antar perguruan silat di Desa Karanganom. Masukannya, ketika ada kegiatan di hari yang lain bisa melibatkan seluruh perguruan untuk show up bahwa pendekar silat juga ikut berperan di masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title