Survei Tunjukkan PKB Salip Golkar, Rangsek Naik ke Tiga Besar

Rilis Survei Partai
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jatim –  Elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus mengalami tren kenaikan. Bahkan, hasil survei terbaru yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), elektabilitas PKB mencapai 10,3%, mengunguli Partai Golkar yang meraup suara 9,1%.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

 

Angka tersebut juga melebihi elektabilitas PKB pada Pemilu 2019 lalu sebesar 9,69%. Posisi PKB kini merangsek di deretan tiga besar di bawah Partai Gerindra (14,1%) dan PDIP (23,4%).

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Sementara di bawah Partai Golkar ada Nasdem (7%); Demokrat (5,9%); PKS (5,7%); PPP (2,4%); PAN (1,9%); Perindo (1,7%); dan PSI (1,1%). Sementara partai-partai lain mendapatkan suara di bawah 1%. "Masih ada yang belum tahu atau tidak menjawab 15,3 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam paparan hasil survei bertajuk “Trend Elektabilitas Partai” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV,  Minggu (19/3/2023).

Deni melanjutkan bahwa tetap terbuka kemungkinan perubahan perolehan suara masing-masing partai. Hal ini disebabkan oleh masih tingginya publik yang belum menentukan pilihan, yakni 15,3%.

Partai Nasdem Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, PKB Respon Begini!

“Setiap partai masih punya peluang menaikkan dukungan karena masih ada sekitar 15,3% pemilih yang belum menentukan pilihan,” jelasnya.

Merespon hasil survei tersebut, Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengaku tidak terlalu terkejut melihat hasil survei yang menempatkan PKB di posisi tiga besar atau partai papan atas.

Halaman Selanjutnya
img_title