Hilal 1 Ramadan 1444 Hijriah Terlihat di Gresik, Besok Awal Puasa

Ilustrasi Pemantauan Hilal
Sumber :
  • Viva.com

Jatim – Tim rukyat Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama Jawa Timur berhasil melihat anak bulan atau hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah di Balai Rukyat NU Condrodipo Kabupaten Gresik, pada Rabu petang, 22 Maret 2023. 

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

“Empat orang melihat hilal,” kata Ketua LFNU Jatim Shofiyullah atau Gus Shofi kepada Viva Jatim.

Hilal terlihat pada pukul 17.41 sampai 17.49 di ketinggian enam derajat. Hasil pemantauan tersebut akan disahkan oleh Pengadilan Agama setempat untuk diteruskan ke Kementerian Agama sebagai acuan sidang isbat yang akan dilaksanakan pada Rabu malam ini.

Telkomsel Bangun 154 Posko Siaga Rafi 2024, Jamin Aksesibilitas Layanan Pelanggan

Sebelumnya Gus Shofi menjelaskan, NU Jatim melaksanakan rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadan 1444 Hijriah di 35 titik. Saat dipantau, posisi anak bulan sudah berada di atas 7 derajat. Itu jauh lebih tinggi dari syarat minimal imkanur rukyat, yakni 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Ke-35 titik rukyatul hilal oleh PWNU Jatim itu ialah di POB Sunan Kaliwining, Jember; MAN 3 kediri; Observatorium Jokotole IAIN Madura, Pamekasan; Balai Rukyat NU Condrodipo, Gresik; Balai Rukyat Ibnu Syatir PP. Al Islam Ponorogo; dan Lereng Gunung Pandan Saradan, Madiun. 

Monev Pelayanan Pemasyarakatan selama Ramadan, Kemenkumham Jatim: Momentum Saling Bertukar Pikiran

Kemudian di Pantai Ta media Ambunten, Sumenep;  Masjid Agung At Taqwa Bondowoso; Pantai Mbah Drajid Yosowilangun Lumajang; Bukit Wonocolo - Kedewan - Bojonegoro; Ponpes Bayt Al Hikmah - Kota Pasuruan; dan Pantai Ngliyep Malang. 

Lalu di Pantai Kalbut Kabupaten Situbondo; BRIN  Watukosek Gempol Kabupaten Pasuruan; Pantai Pancur Alas Purwo Tegaldlimo Banyuwangi; Lokasi Bukit Gumuk Klasi Indah; Menara Rakyat Banyurip Senori Tuban; Pantai Tajungmulya Sangkapura Bawean Gresik; dan Balai Rukyat NU Jabung Mojokerto.

Halaman Selanjutnya
img_title