Ratusan Ribu Bingkisan Dibagikan Said Abdullah untuk Warga Madura

Plt. Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Said Abdullah
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Jatim – Plt Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, MH Said Abdullah membagikan 175 ribu bingkisan kepada warga Madura. Terdiri dari 2,5 kg beras, 500 gram minyak goreng dan 2 bungkus mie instan.

Sosok Kartini Jadi Inspirasi Kris Dayanti sebagai Anggota DPR Sekaligus IRT

Pembagian bingkisan yang melibatkan seluruh DPC PDI Perjuangan se-Madura itu dilakukan Said, sapaan lekatnya, secara rutin di setiap momentum Ramadan. Dengan tujuan dapat meringankan beban ekonomi yang diemban warga di Madura.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI itu menyebut bahwa bingkisan tersebut diberikan juga karena tengah menghadapi Ramadan dan nantinya Idul Fitri. Sebagai antisipasi dini menghadapi kenaikan harga kebutuhan pangan.

PDIP Lirik Khofifah di Pilgub Jatim 2024

"Semoga bantuan ini ikut meringankan warga miskin ekstrem di Madura. Inflasi makanan akan menjadi bencana buat mereka. Cara cepat menolong mereka harus diberikan bahan makanan, kegiatan sosial ini di luar program yang dijalankan oleh pemerintah. Ini program dari PDI Perjuangan," kata Said dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 25 Maret 2023.

Said menambahkan, bagi rumah tangga miskin, setiap kenaikan harga kebutuhan pangan sehari-hari jelas akan menjadi beban tersendiri. Pendapatan mereka pun rata-rata kurang dari US$ 2 per hari, dengan basis hitungan US$1 yaitu Rp 11.000, artinya pendapatan mereka hanya Rp 22.000 per hari.

Eri Cahyadi Beri Sinyal Kembali Maju di Pilkada Surabaya, Gandeng Armuji?

"Anda bisa bayangkan, pendapatan mereka untuk beli beras 2 kilogram saja masih kurang. Padahal mereka perlu sayur, lauk pauk, dan bahan bahan untuk memasak seperti minyak goreng, dan bahan bakarnya," kata Said.

Said menuturkan sulit membayangkan rumah tangga miskin ekstrem menghadapi beban ekonominya sehari hari. Pemerintah pun telah menggulirkan sejumlah program bantuan sosial untuk meringankan beban ekonomi rumah tangga miskin ekstrem melalui berbagai subsidi; uang tunai, listrik, jaminan pendidikan, beasiswa, dan lain lain.

Halaman Selanjutnya
img_title