Sumbang Sampah 46 Ribu Ton, Produsen AMDK Diminta Perbesar Ukuran Plastik

Ilustrasi sampah plastik
Sumber :
  • Viva

JatimAsosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan bahwa Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah per tahun. Sampah plastik berkontribusi sekitar 5 persen atau 3,2 juta ton dari total sampah Indonesia. 

Mahasiswa Kos Kompak Lakukan Ini Demi Kurangi Sampah Plastik

Ketua Net Zero Waste Management Consortium, Ahmad Safrudin menegaskan, fakta ini mendorong semua pihak menerapkan 3R, reduce, recycle, dan reuse. 

Hal itu pun telah didorong lewat Peraturan Menteru (Permen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor 75 Tahun 2019.

Heboh AMDK Mengandung Bromat, Bisa Sebabkan Kanker hingga Masalah Reproduksi

Dia menegaskan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi air minum dalam kemasan (AMDK) gelas plastik. Karena, AMDK gelas plastik menyumbang sampah sebanyak 46 ribu ton per tahun. 

Kementerian LHK dan atau pemerintah daerah harus memberikan teguran dan menarik uang paksa untuk pembinaan, dan penegakan hukum dalam pengelolaan sampah,” kata Ahmad dikutip dari keterangannya, Minggu, 26 Maret 2023.

Kemasan Sekali Pakai Jadi Problem Utama Pengurangan Sampah Plastik

Menurutnya, terjadinya timbulan sampah di lingkungan adalah indikasi tidak dijalankannya program reduce (pengurangan sampah) dengan upsizing (menghentikan penggunaan kemasan plastik pada volume/bobot kecil), recycle dengan Extended Producers Responsibility (EPR) atau menarik kembali kemasan produknya untuk didaur-ulang) dan reuse dengan pemanfaatan kembali kemasan plastik yang tidak berisiko pada kesehatan. 

Permen LHK Nomor 75 Tahun 2019 sendiri menargetkan pengurangan sampah hingga sebesar 30 persen pada tahun 2030. Target pengurangan tersebut bisa dilakukan dengan mendorong produsen AMDK mengubah desain produk berbentuk mini menjadi lebih besar.

Halaman Selanjutnya
img_title