Begini Kata Jokowi Prinsip Indonesia Soal Palestina dan Israel di Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi di Harlah PPP Ke-50
Sumber :
  • Istimewa

JatimPresiden Joko Widodo buka suara terkait dengan polemik Timnas Israel U-20 yang akan bermain di ajang Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan di Indonesia, pada Mei 2023 mendatang. 

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Sebelumnya, status Indonesia di Piala Dunia U-20 diragukan karena sejumlah pemimpin daerah menolak kedatangan Israel. Akibat hal itu, FIFA pun membatalkan undian yang awalnya digelar pada 31 Maret 2023 ini di Bali.

Akibat pembatalan drawing, muncul isu liar bahwa status Indonesia sebagai tuan rumah dicabut. Sejumlah negara seperti Peru, Qatar dan Argentina dikabarkan siap menjadi pengganti Indonesia. Kini, Jokowi buka suara terkait polemik itu. Dia menegaskan, pemerintah Indonesia tetap menegaskan prinsip mendukung kemerdekaan Palestina

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

"Pertama ini prinsip negara kita Indonesua yang selalau konsisten dan teguh dalam meperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina. Ini sesuai dengan konstitusi," kata Jokowi

Namun, Jokowi mengatakan, keikutsertaan Israel sama sekali bukan kuasa Indonesia. Dia pun menegaskan supaya semua pihak tidak mencampuradukan sepakbola dengan politik. 

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

"Saat ditunjuk sebagai tuan rumah, kita belum tahu soal Israel bakal masuk ke Piala Dunia ini. Tapi saya jampi keikutseraat israel tidak akan menggoyahkan perjuangan kita terhadap dukungan kita terhadap Palestina."

"Piala Dunia U-20 FIFA punya aturan yang harus diatai, Jadi jangan mencapur adukan olahraga dengan politik. FIFA juga sudah mengetahui terkait dengan penolakan tersebut. Kita sedang menncari jalan terbaik." tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title