Travel Umrah yang Tipu Jamaah Jual Paket Umrah Lebih Murah dari Ketentuan

Tersangka penipuan jamaah umrah
Sumber :
  • Viva

Jatim – Penipuan yang dilakukan pemilik travel umrah mernelantarkan mereka di Arab Saudi dan tidak bisa pulan ke Tanah Air. Mereka diketahui menawarkan harga piket murah. Bahkan harganya lebih murah daripada referensi Kementerian Agama.

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

"Kemudian jemaah ini ditawarkan paket dengan harga yang lebih rendah dari referensi kemenag pada waktu itu, harga Rp26 juta," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Hengki Haryadi kepada wartawan, Jumat, 31 Maret 2023.

Para Jamaah dijanjikan berangkat tanggal 18 September 2022 dan kembali pada tanggal 26 September 2022. Tapi, mereka tak diberangkatkan pada tanggal 18. 

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Travel Naila Syafaah Wisata Mandiri itu lantas menawarkan lagi pada para jemaah kembali berangkat pada 29 September, kemudian kembali pada tanggal 7 Oktober.  

"Visanya ternyata tidak diurus, kemudian diinapkan mereka (jamaah) di hotel di seputaran bandara selama 10 hari. Faktanya, untuk jemaah ini di cas lagi dengan biaya menambah masing-masing 2,5 juta, dengan alasan tiket yang sudah tidak berlaku, atau hangus bisa dihidupkan lagi dengan menambah uang," katanya.

Secara Hisab, 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu Besok 10 April 2024

Sebelumnya diberitakan, polisi mengungkap lagi penipuan umrah. Kali ini, jumlah korbannya mencapai ratusan orang.

Terungkapnya penipuan ini setelah Satuan Tugas (Satgas) antimafia umroh Polda Metro Jaya menerima laporan dari Kementerian Agama (Kemenag) soal adanya jemaah umrah yang tidak bisa pulang ke Tanah Air. 

Halaman Selanjutnya
img_title