Lalu Lintas hingga Ketersediaan Bahan Pokok Jadi Atensi Khofifah Jelang Lebaran

Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2023
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama jajaran Forkopimda Jatim memantapkan koordinasi menyongsong momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 H melalui Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2023 di Gedung Mahameru Polda Jatim, Rabu, 12 April 2023.  Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan suasana di Jatim tetap aman, kondusif, sehat dan lancar.

Ziarah ke Makam Sunan Bungkul, Wakapolda Jatim Wakafkan 41 Alquran

Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan,  tahun ini dipredikasi akan terjadi peningkatan jumlah pergerakan masyarakat Jatim yang melakukan perjalanan sebanyak 21,2 juta orang. Jumlah ini meningkat 45,2% dari tahun 2022 yang sejumlah 14,6 juta orang.

Dalam arahannya, Gubernur Khofifah meminta kesiapan berbagai instansi lintas sektoral dalam empat hal. Pertama soal logistik. Khofifah meminta BULOG untuk memastikan stok beras di Jatim aman baik menjelang Lebaran hingga setelah Lebaran atau saat cuti bersama.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Selain beras, Khofifah juga menyoroti beberapa bahan pokok lain seperti minyak goreng terutama merk Minyakita. Karena dari tinjauan ke berbagai pasar di Jatim stok Minyakita banyak mengalami kekosongan.

"Padahal Minyak Kita itu harganya standar HET yakni Rp. 14.000/liter. Harusnya ini tersedia di pasar tapi suplainya masih sangat terbatas. Kalau masyarakat terkonfirmasi logistik aman, maka tidak ada panic buying,” imbuhnya.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Penekanan kedua dari Gubernur Khofifah adalah soal kesiapan tempat wisata di Jatim. Dalam hal ini, ia menekankan kepada seluruh pelaku wisata termasuk pengelola obyek wisata di Jatim untuk melakukan assesment dan pengecekan di tempat wisata, terutama arena permainan dan wisata air.

Tidak hanya itu, assesment juga penting dilakukan di titik-titik yang beresiko antara lain wisata air baik arena permainan air, maupun obyek wisata yang menggunakan air. Ia minta alat-alat tersebut dilakukan audit dengan baik agar tidak menimbulkan resiko ketika jumlah wisatawan meningkat saat libur lebaran.

Halaman Selanjutnya
img_title