Berkat Lima Program Prioritas Ini, Pemkab Pamekasan Masuk 10 Besar Kabupaten Terinovatif Indonesia

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam
Sumber :
  • Hadi Muhammad/Viva Jatim

Jatim – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menobatkan Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sebagai 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia. Penobatan ini diberikan dalam ajang Innovation Government Award (IGA) tahun 2022.

Dukung Kemajuan Bulutangkis, BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam mengungkapkan, raihan prestasi luar biasa itu merupakan kerja keras pemerintahan mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga pemerintah desa, serta dukungan semua elemen masyarakat atas program yang dicanangkan pemerintah kabupaten Pamekasan. 

"Kita telah masuk 10 besar kabupaten terinovasi dari 500 lebih kabupaten, 500 masuk 10 besar tentu ini bukan kerja ringan. Bahkan, tahun ini kita sudah ada 800 lebih inovasi yang didaftarkan (ke Kemendagri RI), " ujarnya, Senin 1 Mei 2023.

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

Bupati dengan sederet prestasi ini menyampaikan, pihaknya menargetkan tahun 2023 Pamekasan masuk tiga besar kabupaten terinovatif di Indonesia. Beberapa inovasi yang ada akan dimaksimalkan dengan baik untuk kepentingan masyarakat. Seperti program sistem pelayanan administrasi kependudukan di kantor desa (Sip Pak Kades).

"Kalau pelayanan di tingkat desa akan memudahkan masyarakat, biasanya harus ke kota, nanti tidak usah. Biasanya ke kota ngabisin 1 liter bensin paling tidak hanya bisa menghabiskan setengah liter," tandasnya.

Pacu Prestasi Atlet Panjat Tebing, Pemkab Gresik Revitalisasi Wall Climbing

Dia mencerintakan, pihaknya mendapatkan hadiah sekitar Rp 17 miliar dari penghargaan 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia pada tahun 2023 tersebut. Sehingga, dana itu bisa dipergunakan untuk tambahan pembangunan daerah, termasuk pembangunan di desa-desa.

"Kalau nanti target masuk 3 besar, paling tidak kita akan mendapatkan transferan dana sekitar Rp 20 miliar," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title