Sudah menemukan titik temu, Komisi D Pastikan Pabrik Limbah B3 Mojokerto Beroperasi Juni 2023

Komisi D juga mengecek langsung kesiapan operasional pabrik.
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

JatimPembangunan Pabrik Pengolahan Limbah B3 yang dikelola Pratama Jatim Lestari (Anak Perusahaan BUMD PT JGU) akhirnya menemukan titik temu setelah sekian lama tak mengalami berbagai persoalan. 

Bus Transjatim Harus Maksimal Saat Mudik Lebaran, DPRD Jatim: Jika Perlu Gratis

Komisi D DPRD Jatim pun memantau langsung progress pabrik yang terletak di Desa Cendoro, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto agar segera beroperasi.

Hidayat Maseaji, Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur mengatakan dalam kunjungan di lokasi pada Kamis, 4 Mei 2023, kemarin, pihaknya menemukan sejumlah perkembangan terkini. Dari pihak pengelola disampaikan bahwa SLO (Surat Layak Operasi) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan diterbitkan. 

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

“Rencana Juni 2023 ini Pabrik Pengolahan Limbah B3 akan diresmikan,” ungkap Hidayat, Jumat 5 Mei 2023. 

Komisi D juga mengecek langsung kesiapan operasional pabrik. Dimana tidak ditemui kendala yang berarti, sehingga bisa langsung menampung dan mengolah limbah B3. 

Program DITO, Produktivitas Padi di Kediri Naik Jadi 6,24 Ton Per Hektare

Hanya saja, dari sisi non teknis masih ada beberapa pekerjaan rumah. Diantaranya adalah soal supplay air ke lokasi pabrik yang sampai saat ini sangat terbatas. Sehingga akan menggandeng PD Air Bersih dan Dinas PU Cipta Karya untuk mengalirkan air dari Mantub Lamongan ke Dawarblandong. 

“Jadi butuh saluran pipa air dari Mantub ke Dawarblandong sejauh kira-kira 12 kilometer,” sebut politisi Partai Gerindra ini. 

Halaman Selanjutnya
img_title