Kerugian Akibat Kebakaran Klenteng Hiap Thian Kiong Mojokerto Ditaksir Capai Ratusan Juta

Puing-puing bangunan Klenteng Mojokerto yang tersisa pasca kebakaran
Sumber :
  • Viva Jatim/Luthfi Hermansyah

Jatim –Kerugian akibat kebakaran Klenteng Hiap Thian Kiong Mojokerto ditaksir mencapai ratusan juta. Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran Klenteng yang berlokasi di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Mojosari, Mojokerto itu. 

Menjelang Imlek, Kelenteng Tjoe Tik Kiong Tulungagung Pasang Puluhan Lampion

Kebakaran hebat melanda bagian depan dan altar atau tempat sembahyang di kelenteng tersebut. Barang-barang yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan membakar bangunan beserta isinya. Tembok, Kayu dan alat-alat peribadatan pun hangus terbakar. 

Kapolsek Mojosari Kompol Kariono mengatakan, kebakaran bari diketahui sekitar pukul 13.00 WIB. Saat itu, api sudah membumbung tinggi di dalam klenteng tersebut. 

Hindari Motor, Bus Trans Jatim Terguling di Mojokerto

"Kerugian sekitar Rp 500 juta. Tidak ada korban jiwa," katanya kepada wartawan di lokasi. 

Hasil penyelidikan sementara, penyebab kebakaran akibat api pada lilin yang merambat pada barang yang mudah terbakar. 

25 Tahun Berkiprah, LCS Mahardika Santuni Yatim hingga Beasiswa Anak Jalanan

"Penyebabnya diduga lilin yang masih menyala, tapi masih penyelidikan lebih lanjut. Lilin itu biasanya dipasang disitu (tempat ibadah) memang , kondisinya menyala, kemungkinan lupa. Hasil penyelidikan penyebab kebakara nanti kita informasikan kembali," ungkap Kariono. 

Diberitakan sebelumnya, kebakaran ini terjadi sekitar pukul 13.00 WIB saat kondisi Klenteng Hiap Thian Kiong Mojokerto sepi. Bangunan yang terbakar ini bagian depan dan altar atau tempat peribadatan. 

Halaman Selanjutnya
img_title