Menjelang Musim Haji 2023, Khofifah Tinjau Kesiapan Embarkasi Surabaya

Gubernur Khofifah bersama jemaah haji embarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Menjelang Musim Haji 2023, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya memperkuat koordinasi dan sinergi dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur. Sehingga segala persiapandi Embarkasi Surabaya terus dipantau.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam hal ini juga terus melakukan cek dan ricek seluruh kesiapan jemaah. Tak hanya itu, Gubernur Khofifah juga dijadwalkan akan melepas tim pendamping ibadah haji embarkasi Juanda di Halaman Gedung Negara Grahadi.

Sebagai informasi, embarkasi Surabaya, direncanakan akan menampung 84 kloter yang berasal dari Jawa Timur sebanyak 35.152 jamaah, Bali 698 jamaah dan NTT 668 jamaah dengan total jamaah dan petugas sebanyak 36.938 orang.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Pemantauan tersebut, di antaranya dengan menghimpun seluruh data mulai dari jamaah yang masuk, klasifikasi usia para jamaah, pemondokan, dan catering. Harapannya, seluruh persiapan keberangkatan ke tanah suci bisa terlayani dengan baik dan optimal di Jatim.

"Kami berusaha membantu tim Kanwil Kemenag Jatim untuk mempersiapkan diri menyambut para Tamu Allah yang akan melaksanakan ibadah Haji tahun ini agar benar benar fit. Baik tenaga hingga pikiran sebelum keberangkatan ke Tanah Suci," kata Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa, 9 Mei 2023.

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Gubernur Khofifah mengungkapkan, tahun 2023 Kuota Haji asal Jatim sebesar 35.152 jamaah. Dari jumlah tersebut terbagi dalam jamaah haji umum sebanyak 35.035, jamaah haji prioritas lansia sebanyak 1.758 jamaah, pembimbing KBIHU sebanyak 122 orang dan petugas haji daerah sebanyak 287 orang. 

"Allhamdulillah kita mendapatkan kuota 35.000 jamaah dari total kuota haji Nasional tercatat 221.000 jamaah di seluruh Indonesia. Kami mendapatkan informasi bahwa jamaah haji asal Jatim tertua bernama Harun berusia 119 tahun asal Pamekasan Madura yang mendaftar haji pada tahun 2017 dan mendapatkan daftar tunggu di tahun 2024. Meski pendengarannya sudah berkurang, namun ia terlihat tetap sehat. Dan optimis dengan kondisi fisiknya untuk bisa menunaikan ibadah haji," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title