Usai Dibaiat, PWNU Jatim Sambut Baik Dakwah Ustaz Hanan Attaki

Ustaz Hanan Attaki
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mempersilahkan dan menyambut baik dakwah Ustaz Hanan Attaki (UHA) usai dirinya berbaiat ke NU. Meski sempat ditolak di berbagai daerah, namun kini influencer kalangan milenial ini diminta untuk melanjutkan dakwah keliling.

Profil Bupati Sidoarjo Tersangka KPK: Putra Wakil Rais Syuriah NU Jatim, Punya Harta Rp4,7 M

Pasalnya, disebutkan Wakil Ketua PWNU Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib, bahwa kehadiran UHA dalam keluarga besar kader NU sangat disambut baik. Langkah UHA menjadi bagian dari NU adalah pilihan tepat.

“Ya tentu, konsekuensi dari baiat ini adalah terbuka untuk menerima beliau [Hanan Attaki] di tempat yang memang diperlukan,” kata Gus Salam, sapaan lekatnya, Sabtu, 13 Mei 2023.

Kata Ustaz Hanan Attaki Begini Jika Ditanya Kapan Nikah dan Punya Anak saat Lebaran

Penolakan terhadap dakwah UHA beberapa waktu lalu karena melihat latar belakangnya yang dekat dengan kelompok kanan. Namun sekarang, UHA telah menjadi bagian dari NU atas bimbingan Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar.

“Tapi ketika ini sudah dilakukan baiat, menurut saya, ya selama langkah yang dilakukan Hanan Attaki ini sesuai dengan NU, ya tidak ada salahnya diterima oleh semua pihak dari NU,” ujar dia.

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

Ia pun berharap, UHA tetap melanjutkan dakwahnya di kalangan Milenial yang dikemas dengan Konser Langit. Dakwah yang bernafaskan Islam Ahlussunah Wal Jamaah. Memegang teguh nilai Islam yang moderat, santun, serta rasa nasionalisme dan kebangsaan. Seperti dalam trilogi ukhuwah NU.

“Trilogi ukhuwah NU itu yakni ukhuwah Islamiyah atau ukhuwah persaudaraan sesama muslim, ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan berdasarkan kebangsaan, dan ukhuwah basyariyah atau insaniyah ukhuwah persaudaraan sesama manusia,” pintanya.

Halaman Selanjutnya
img_title