Innalillahi, Syekh Yusuf al-Qaradhawi Meninggal Dunia

Syeikh Yusuf al-Qaradhawi
Syeikh Yusuf al-Qaradhawi
Sumber :
  • VIVA.co.id

Jatim – Ulama terkemuka Mesir yang tinggal di Qatar Syekh Yusuf al-Qaradhawi, meninggal dunia, pada Senin, 26 September 2022. Almarhum wafat di usia 96 tahun setelah berjuang lama melawan penyakit yang dideritanya.

Berita wafatnya Ulama lulusan Al Azhar kelahiran Shaft Turaab, Mesir itu disampaikan di akun Twitter resminya.

"Dia pergi ke rahmatullah. Intinya, Imam Yusuf al-Qaradhawi, memberikan hidupnya untuk menafsirkan ketentuan-ketentuan Islam, dan membela bangsanya," tulis akun resmi Syekh Qaradhawi dilansir Egypt Independent. 

Syekh Qaradhawi dikenal sebagai pemikir Islam dan berani dalam setiap ceramahnya. Beberapa kali, Ia mendekam di penjara karena keterlibatannya dalam gerakan Ikhwanul Muslimin

Diketahui, Al Qaradhawi telah dilarang bepergian ke Prancis dan Inggris karena pandangannya diangggap ekstrem. Dia masuk dalam daftar cekal yang diumumkan oleh Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain. 

Qaradhawi sempat meninggalkan Mesir pada 1961 akibat kekejaman rezim yang berkuasa saat itu. 

Ia menuju Qatar dan mendirikan Fakultas Syariah di Universitas Qatar. Ia mendapat kewarganegaraan Qatar dan bermukim disana. 

Qaradhawi diklaim sebagai pendukung bom bunuh diri dan kesyahidan. Dia mempromosikan dan melegitimasi gerakan kesyahidan dan menyebutnya sebagai bentuk jihad yang paling tinggi di mata Allah. 

Pada 2015, Pengadilan Kriminal Kairo menjatuhkan hukuman mati kepada 99 terdakwa, termasuk Qaradhawi, dengan hukuman gantung atas tuduhan membobol penjara selama revolusi 25 Januari 2011.