Catat! Jadwal Rangkaian Larung Sembonyo Pantai Prigi

Kemeriahan Larung Sembonyo Prigi tahun sebelumnya.
Kemeriahan Larung Sembonyo Prigi tahun sebelumnya.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

JatimAgenda tahunan di Pesisir Selatan Trenggalek ini dinanti-nantikan oleh semua kalangan adalah 'Larung Sembonyo Pantai Prigi'. Tak hanya prosesi upacara adat, simak beberapa rangkaian yang telah dipersiapkan untuk sedekah bumi tahunan ini.

Acara ini tak jauh berbeda seperti di beberapa daerah menyebutnya dengan berbagai istilah. Di Desa Tasikmadu, Prigi, Karanggandu, Margomulyo dan Karanggongso, bisa disebut sedekah laut, larung sembonyo, upacara adat sembonyo, mbucal sembonyo, bersih laut.

Larung Sembonyo, dikutip dari laman Pemkab Trenggalek bahwa kata 'Sembonyo'  menyimpan arti sebuah nama mempelai tiruan, yang berwujud boneka kecil dari tepung beras ketan. Adonan tepung dibuat sedemikian rupa seperti sepasang mempelai yang sedang bersanding.

Lantas, boneka didudukan diatas perahu lengkap dengan peralatan satang, yaitu alat yang digunakan menjalankan dan mengemudikan perahu. Labuh Laut Larung Sembonyo dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Prigi Kecamatan Watulimo.

Upacara Adat Larung Sembonyo rutin diselenggarakan setiap Bulan Selo  penanggalan jawa) atau Dzulqo'dah dalam penanggalan Hijriyah. Kegiatan ini tidak lain untuk ungkapan rasa syukur nelayan terhadap hasil tangkapan ikan. Sebelum dibuang ke laut, buceng (Tumpeng Raksasa) diarak terlebih dahulu dari Kecamatan Watulimo menuju TPI Prigi.

Sebagai informasi, tepat 2015 silam, Larung Sembonyo sebagai upacara adat Kabupaten Trenggalek telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rundown Event Labuh Laut Teluk Prigi 'Sembonyo' Tahun 2023