Jelang Pemilu 2024, Pangdam V Brawijaya Ingatkan Netralitas Anggotanya di Tulungagung

Kedatangan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf MA
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

JatimPangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf MA dalam lawatannya ke Kodim 0870/Tulungagung memberikan pesan khusus kepada anggotanya yang berada di daerah. Pesan tersebut adalah anggota TNI harus benar-benar menjaga netralitas jelang Pemilu 2024.

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

"Pesan khusus pertama untuk pengamanan aset dan nanti kita sampaikan tentang netralitas TNI dalam pemilu," ungkap Mayjen TNI Farid Makruf MA, Selasa 30 Mei 2023.

Diketahui, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf MA tiba di Tulungagung pukul 14.25 langsung disambut oleh Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol CZI Nooris Agus Rinanto.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Di halaman Kodim 0870/Tulungagung juga turut menyambut Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Kepolres Tulungagung, AKBP Eko Hartanto. Selanjutnya, Kepada Kajari Tulungagung, Ahmad Muchlis serta Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung Kelas 1A, Cyrilla Nur Endah Sulistyaningrum.

Menurut Mayjen TNI Farid Makruf MA, netralitas Pemilu sudah jelas bagi TNI tidak memilih dan tidak dipilih. Lalu, anggota tidak boleh berpihak kepada partai atau calon manapun dalam kontestasi pesta demokrasi lima tahunan ini. 

Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024 Mampu Pecahkan Rekor Dunia

Selanjutnya, ia mewanti-wanti kepada anggota TNI supaya sarana prasarana yang ada di satuan, maupun alat peralatan tempat yang ada di satuan untuk tidak digunakan kepentingan kampanye. Baik salah satu golongan atau salah satu calon lain.

"Kalau yang melanggar konsekuensi hukumnya sangat jelas, ada proses hukumnya," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title