Universitas Brawijaya Inisiasi Pusat Penelitian Robotika dan AI dengan Perguruan Tinggi Jepang

Ilustrasi Universitas Brawijaya
Sumber :
  • Istimewa

JatimUniversitas Brawijaya (UB) menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Jepang untuk menginisiasi berdirinya Research Center of Robotik and Artificial Intelligence (AI) atau Pusat Penelitian Robotika dan AI

Pemilu 2024 Sarat Disinformasi, Politik Identitas dan Tantangan Teknologi AI

Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan Internasionalisasi UB, Andi Kurniawan mengatakan, kerjasama dilakukan bersama Nagoya City University (NCU). Mereka akan mengembangkan program studi terkait Data Science dan Material Science serta berbagai kolaborasi di bidang akademik, riset dan inovasi. 

"Kami bekerja sama dengan perguruan tinggi yang benar-benar menganggap UB sebagai mitra penting. Sehingga collaboration for growing together bisa dilakukan," kata Andi Kurniawan, Selasa, 6 Juni 2023.

Pemprov Jatim Raih UB Halal Award, Jadi Pelecut Kembangkan Ekosistem Halal

Untuk penelitian bidang Artificial Intelligence akan berfokus pada riset bidang ilmu hayati yang berkaitan dengan medical plant atau tanaman herbal. Rencananya, AI akan dimanfaatkan untuk big data pada tataran molekul tanaman-tanaman herbal.

UB berharap dengan Artificial Intelligence atau AI bisa mengeksplorasi 7.000 tanaman herbal yang bermanfaat di bidang kesehatan.  

Gen Z Kini Sudah Manfaatkan AI untuk Kegiatan Harian

"Pada kunjungan ke NCU, Rektor UB (Prof Widodo juga melakukan presentasi penelitian yang berjudul Bioinformatic and Holistic Paradigm of the Complexity of Indonesia Traditional Medicine for Promoting Human Health. Membicarakan keaneragaman hayati Indonesia untuk membuka peluang dalam mengembangkan penelitian mengenai obat tradisional. Akan tetapi, satu hal yang harus dicari solusinya adalah mengenai standarisasi keamanan produk tersebut," kata Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), Novanto Yudistira.

Selain dengan Nagoya City University. Di Negeri Sakura UB juga bekerjasama dengan Waseda University dengan fokus pada bidang robotika. Seperti bekerja sama dalam pembuatan robot humanoid yaitu King of Brawijaya. 

Halaman Selanjutnya
img_title