Warga Diimbau tak Buang Puntung Rokok hingga tak Bakar-bakar di Hutan

Kalaksa BPBD Kabupaten Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Meski beberapa kali masih sempat turun hujan, namun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek mengimbau untuk mewaspadai awal musim kemarau. Mulai menghindari membuang putung rokok sembarangan hingga tak membakar ranting dan dedaunan sampah di hutan.

Awal Mei 2024, 26 Provinsi Diprediksi Diguyur Hujan Lebat

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono menjelaskan berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan BMKG saat ini. Saat inj memasuki awal musim kemarau El-Nino ini perlu diantisipasi berkaitan dengan kekurangan air.

"Oleh karena itu kami mengimbau kepada warga Trenggalek, khususnya yang berada di hutan dan sebagainya untuk tidak membuang putung rokok. Tolong untuk tidak dilakukan segera dimatikan," ungkap Stefanus Triadi Atmono, Senin, 12 Juni 2023.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Triadi mengaku, tidak sedikit kebiasaan masyarakat baik di pegunungan maupun perbukitan maupun lainnya, membersihkan dengan membakar pasca panen. Tindakan tersebut cukup berbahaya jika tidak dipantau.

"Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Mohon maaf seperti damen dan sebagainya ini perlu ditunggu, jangan sampai meluas kemana mana," ujarnya.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

BPBD Trenggalek mewanti-wanti supaya masyarakat bisa sadar dari diri sendiri. Menghemat penggunaan air juga perlu diperhatikan untuk menjaga kelangsungan sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

"Termasuk penggunaan infrastuktur sumber daya air. Hal-hal yang demikian mengantisipasi di Bulan Juli-Agustus akan terjadinya lonjakan terjadinya musim kemarau," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title