Unik, Motor Aipda Frian Berisikan Kompor Layani Masyarakat 'Kopi Curhat Pak Ndan'

Aipda Frian bersama motor dan ODGJ binaannya
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Jatim –Semilir angin menembus wajah saat senja, dibalut hamparan padi yang sudah menguning. Tampak sosok polisi yang sedang sibuk mengeluarkan wadah gelas kopi dan tikar sederhana. Bukanlah seorang penjual kopi, namun sosok Aipda Oktafrian Witdiantoro.

ODGJ Meninggal Tercebur ke Sungai Dam Prambon Trenggalek

Ia menginisiasi 'Kopi Curhat Pak Ndan' yang baru awal tahun 2023 dibuat. Munculnya ide tersebut, tak lain karena sering sambang ke wilayah ia ditempatkan sebagai Bhabinkamtibmas Desa Rejosari Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. Masyarakat sering mengajak ngopi, dan sebelumnya pasti ngopi di warung.

Aipda Frian mengaku, mayoritas warga suka ngobrol di warung sambil ditemani kopi, lantaran lebih enak daripada di sawah. Dari situ, dirinya merasa tidak enak karena selalu diajak ke warung untuk sekadar curhat permasalahan yang dihadapi. 

Siapa Sangka, 3 ODGJ Ini Jadi Penyanyi Berkat Bimbingan Jenita Janet

"Saya berpikir kalau setiap sambang ke desa diajak ngopi, ingin dibayari. Akhirnya terciptalah inovasi 'Kopi Curhat Pak Ndan'. Kita bisa bertemu baik di sawah dan dimana saja bisa ngobrol santai sambil minum kopi dan menikmati pemandangan," ungkap Oktafrian Witdiantoro, Selasa, 13 Juni 2023.

Pria asal Desa Dukuh Kecamatan Gondang Tulungagung ini mengaku lebih santai dan mengena, sekaligus lebih efisien ketimbang harus mencari warung. Dengan menggelar tikar, dimanapun, dirinya bisa bercengkrama ngobrol dengan masyarakat binaannya.

Gresik Targetkan 2024 Bebas Pasung, 11 ODGJ Dibawa ke RSJ Menur

Awal mula, memang dirinya tak terlalu mengekspos inovasi yang telah ia gagas. Akan tetapi, berhubung sebelumnya memiliki akun channel YouTube. Akhirnya sekalian diupload dalam akun tersebut, lantaran sudah lama tidak membuat konten.

"Tidak ingin terekspos mas. Akhirnya saya up karena mohon maaf saya juga awalnya punya channel YouTube, awalnya cerita komedi bisa dilihat di channel Pak Ndan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title