Ketum MES Jatim Sebut Daerahnya Miliki Potensi Pengembangan Ekonomi Syariah Luar Biasa

Ketua Umum MES Jatim Emil Dardak
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak yang juga didapuk sebagai Direktur Eksekutif Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Jawa Timur menyebut Jatim punya potensi luar biasa dalam perekonomian syariah.

6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

Hal itu disampaikan usai pelantikannya menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Jawa Timur Periode 1444-1447 Hijriyah pada Rabu, 15 Juni 2023 di Gedung Islamic Center Surabaya.

Menurutnya, keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Jatim yakni mayoritas masyarakat Jatim beragama Islam yang berpotensi sebagai base customer, serta terdapat 6.864 pondok pesantren dengan lebih dari satu juta santri juga kurang lebih total 38 ribu masjid dapat dijadikan penggerak ekonomi syariah.

Demokrat Jatim Soal Pilkada Trenggalek: Terus Dirembug

"Kaitannya dengan santri di pondok pesantren ini, mereka adalah generasi muda intelektual yang kita yakini bersama-sama istiqomah dalam mendorong tegak perannya ekonomi syariah di Jawa Timur," ungkap Emil.

Provinsi Jawa Timur juga mempunyai sekitar 1.581 Koperasi Pondok Pesantren atau yang dikenal sebagai Kopontren yang diberi penguatan oleh pihak Pemprov Jatim.

Emil Rutin Kupatan di Durenan Trenggalek, Arumi Kangen Ketupat Ayam Lodho

"Kita telah memiliki One Pesantren One Product atau OPOP, namun setelah dijalankan kita menemukan isu baru bahwa jika hanya mengurus satu produk saja akan sulit bagi pesantren mengembangkan kemampuan pengelolaan usaha yang mumpuni," ucapnya.

"Untuk itu, kita berikan penguatan modal pada koperasi melalui Dinas Koperasi UMKM Provinsi Jatim. Kita juga kembangkan dari product oriented menuju institutional oriented. Maka captive ini dapat memberi softskil tambahan," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
img_title