Jelang Idul Adha, Mentri Pertanian Pastikan Sapi Potong Aman Penuhi Kebutuhan Warga

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, Viva Jatim -Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo memastikan, ketersediaan sapi potong jelang Idul Adha 2023 akhir bulan ini dalam kondisi aman. Upaya yang dilakukan dalam memastikan ketersediaan pasokan sapi ini yaitu Pemerintah dan swasta termasuk para petani terus memperkuat kolaborasi untuk menghasilkan hewan ternak berkualitas dan lolos uji sehat.

Temui Petani di Lamongan, Mentan Dicurhati Gabah Murah Hingga Pupuk Langka

Pernyataan tersebut disampaikan Syahrul dalam kunjungannya di Bogor, Jawa Barat.

"Alhamdulillah dari apa yang kita ketahui bersama sapi potong jelang Idul Adha dalam kondisi aman. Bahkan sudah melalui berbagai pengecekan untuk memastikan kesehatan," kata Syahrul dalam keterangan Selasa, 20 Juni 2023. 

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

Syahrul melanjutkan, Kementerian Pertanian (Kementan) dalam hal ini terus melakukan pendampingan dan pembinaan mengenai kesehatan hewan kepada para peternak sapi yang melakukan penjualan di wilayah Jabodetabek.

"Langkah ini dilakukan untuk memastikan hewan yang dijual saat ini dalam kondisi sehat dan layak konsumsi," ucapnya.  Sementara itu, pengusaha sapi dari Bima Jaya Farm, Ilman menyampaikan terima kasih atas perhatian Kementan dalam melakukan pengecekan serta mempercepat izin keluar masuk hewan melalui Balai Karantina di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bila Firli Bahuri Ditahan, Momentum Kembalikan Novel Baswedan Cs ke KPK

"Alhamdullilah kita terbantu karena Pemerintah terus melakukan pengecekan serta memberi rekomendasi pengeluaran dan pemasukan izin lalu lintas ternak baik dari karantina sampai ke dinas peternakan Bogor," ujarnya. 

Menurut Ilman, pengecekan dan pendampingan pemerintah terhadap peternak sapi Bima sangat membantu dalam memastikan konsumen untuk membeli hewan kurban yang sehat dan layak konsumsi.

Halaman Selanjutnya
img_title