Mengenang Perjalanan Hidup Desmond J Mahesa, dari Aktivis hingga Politisi

Almarhum Desmond Junaidi Mahesa.
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim – Kabar duka menimpa tanah air, seorang politisi Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa meninggal dunia pada Sabtu, 24 Juni 2023. Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, dalam usia 57 tahun.

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

“Innalillahi Wa Innailahi Rojiun. Segenap keluarga besar Partai Gerindra turut berduka atas meninggalnya salah satu pejuang politik kami, Desmond Junaidi Mahesa. Dedikasi beliau, perjuangan beliau akan kami teruskan dan beliau akan selalu hadir dalam hati dan semangat kami. Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis akun Instagram Gerindra, Sabtu, 24 Juni 2023. 

Sebagai seorang politisi, perjalanan karirnya terbilang cukup panjang. Mulai dari menjadi aktivis, akademisi hingga pada puncaknya, menjadi politisi dan menduduki kursi Senayan sebagai anggora dewan. Berikut ini perjalanan hidup Desmond Mahesa, dikutip dari VIVA:

Polisi Tangkap 6 Pelaku Tawuran Maut di Surabaya, 2 Diantaranya Masih Anak-anak

Desmond Mahesa atau Desmond Junaidi Mahesa lahir di Banjarmasin, Kalimantan pada 12 Desember 1965. Dari informasi yang dihimpun, ia tumbuh besar di Sungai Tabuk dan Pasar Batuah, sebuah kawasan yang padat dan terbilang ‘kumuh’. Sejak kecil, ia harus bekerja keras sambil sekolah.

Ketika kuliah di Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, ia mencoba untuk mandiri. Banyak pekerjaan kasar yang ia lakukan demi menghidupinya dan kebutuhan kuliah.

Menderita Penyakit Ginjal, Tahanan Kasus KDRT di Tuban Meninggal Dunia di Rumah Sakit

Pekerjaan itu diantaranya sebagai kuli bangunan, cleaning service, hingga narik becak di malam hari sekitar Pasar Batuah dan Belauran.

Ia pun mendapatkan gelar sarjana hukum di kampus Unlam tahun 1994. Sementara gelar master hukumnya di peroleh di Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Islam, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
img_title