Antusias, Masyarakat dan Nelayan Ganjar Gelar Konservasi Laut dan Pantai di Jember

Nelayan Ganjar gelar konservasi laut dan pantai di Jember
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jember, VIVA JatimKomunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar di Jawa Timur upayakan langkah konservasi dengan memberikan edukasi dan penanaman pohon mangrove kepada masyarakat dan nelayan di Pantai Pancer Puger, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu 24 Juni 2023.

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Kegiatan ini dilakukan sebagai tanggapan dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menyebutkan terdapat lebih dari 3 hektar hutan pohon mangrove di seluruh Indonesia pada  2021. Namun, mayoritas pohon mangrove dalam keadaan tidak baik.

Statistik Sumber Daya Laut dan Pesisir 2020 menyebutkan hanya 31,34 persen ekosistem mangrove di seluruh Indonesia dalam keadaan baik.

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Maka dari itu diperlukan rehabilitasi. Penanaman pohon mangrove juga diperlukan karena menurut Peta Mangrove Nasional masih terdapat area yang memiliki jumlah hutan mangrove yang sangat sedikit.

Koordinator Wilayah Jawa Timur Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Zen Fikri memaparkan, mangrove sangat berdampak besar pada lingkungan. Penanaman mangrove berguna untuk melindungi pantai dari angin, gelombang pantai, serta banjir.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Fikri menilai, masyarakat dan nelayan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, selama proses sosialisasi, mereka banyak memberikan masukan dan saran program untuk perkembangan nelayan sekitar. Tak jarang yang terang-terangan mendeklarasikan diri mendukung Ganjar sebagai Presiden.

"Antusias sangat baik, mereka seperti dirangkul dan di dengar bagaimana kondisinya saat ini. Kami pun mengupayakan untuk melakukan agenda lanjutan di sini agar mereka semakin berdaya dan sejahtera tentunya," ujar Fikri.

Halaman Selanjutnya
img_title