Gempa Bantul DIY tak Pengaruhi Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi

Gunung Merapi
Sumber :
  • Istimewa

JatimGempa bumi yang menimpa masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakibatkan rusaknya puluhan bangunan. Jumat, 30 Juni 2023 sekira pukul 19.57 kemarin. Gempa berkekuatan 6,4 SR dan berpusat 86 km arah barat daya Kabupaten Bantul, DIY. 

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Meski dirasakan cukup kencang getarannya oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya, namun gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanik Gunung Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Agus Budi Santoso, mengatakan gempa bumi terasa hingga ke pos pengamatan Gunung Merapi. Gempa ini juga tercatat di seismogram yang ada di BPPTKG Yogyakarta.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

"Sampai saat ini kejadian (gempa) tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi," kata Agus, dikutip dari VIVA, Sabtu, 1 Juli 2023.

Meskipun tak berpengaruh pada aktivitas Gunung Merapi, namun gempa bumi itu berdampak pada kerusakan sejumlah bangunan di DIY.

Pengiriman Bantuan Korban Gempa ke Bawean Alami Kendala, Jokowi Diminta Turun Tangan

Plh Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Syamsurizal mengatakan berdasarkan data yang masuk hingga pukul 21.30 WIB, kata Danang total ada 33 bangunan rusak terdampak gempa bumi.

"Dampak kejadian di Kabupaten Gunungkidul total ada 28 bangunan terdampak gempa yaitu 19 unit rumah rusak, 5 unit bangunan fasilitas pemerintah, 1 tempat ibadah, 1 tempat usaha, 1 fasilitas pendidikan dan 1 kandang ternak," kata Danang dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
img_title