Jemaah Haji Berburu Barang Belanjaan di Pasar Kakiyah sebelum Pulang

Pasar Kakiyah, Mekkah, Arab Saudi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Puncak Haji baru saja usai, para jemaah mulai menyiapkan segala sesuatunya untuk di bawa pulang ke negaranya masing-masing. Termasuk jemaah haji dari Indonesia. Salah satu yang mereka siapkan adalah oleh-oleh yang akan diberikan kepada sanak keluarga yang sudah menunggu kedatangan.

200 Calon Jemaah Haji Situbondo Gagal Berangkat

Para jemaah haji Indonesia mulai menyerbu tempat belanja terkenal di Mekkah, Arab Saudi. Yakni Pasar Kakiyah atau Suq Kakiyah. Terletak di kawasan Ibrahim Al Khalid Rd, pasar ini ramai dengan kedatangan jemaah haji dari berbagai negara termasuk Indonesia.

Saat berkunjung ke pasar ini, pada 1 Juli 2023, para jemaah haji di Indonesia disambut baik oleh para pedagang. Mereka memanggil jemaah haji Indonesia untuk mendekati dan membeli barang dagangannya.

195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit, Calon Tamu Allah Bersiaplah

"Indonesia, murah-murah mampir dulu ke sini," teriak para pedagang yang hafal betul dengan wajah-wajah pecinta belanja asal Indonesia. Bahkan rata-rata pedagang di pasar ini, sangat fasih berbahasa Indonesia. 

Banyak barang dijual dengan harga grosir. Barang yang diburu jemaah mulai dari kerudung, abaya, sajadah, minyak wangi, gelang dan aksesoris wanita hingga kurma dan coklat. Apapun yang dicari buat dijadikan oleh-oleh, semua lengkap ada di sini.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Salah satu jemaah haji asal Indonesia, mengaku berburu kerudung Miss color buat dijadikan oleh-oleh. "Banyak yang titip kerudung Miss Color, motifnya bagus, bahannya lembut dan adem. Di sini harganya lebih murah," kata Nine salah satu jemaah asal Indonesia dikutip dari VIVA, Senin, 3 Juli 2023.

Miss color ini dijual dengan harga mulai dari 10 Riyal satu kerudung atau setara Rp50 ribu. Namun ada juga yang kualitasnya lebih bagus dijual dengan harga 200 Riyal sebanyak satu lusin.

Halaman Selanjutnya
img_title