Unusa Kerjasama dengan Pelindo Bangun Sistem Pengelolaan Air Bersih untuk Ponpes 

Unusa dan Pelindo di tempat pengelolaan air bersih pondok pesantren
Sumber :
  • Humas Unusa

Pamekasan, VIVA Jatim – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bersama PT Pelindo Terminal Petikemas bekerja sama dalam pembangunan sistem pengolahan air bersih di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Pamekasan.

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

Peresmiannya berlangsung di Pondok Pesantren Hidayatun Najah Pamekasan pada Kamis 15 Juli 2023. Bentuk kerjasama ini bertujuan memberikan akses yang lebih baik terhadap pasokan air bersih bagi para santri di pondok pesantren tersebut.

Wakil Rektor II Unusa, Muhammad Faqih, mengatakan bahwa kerja sama ini memiliki tujuan utama menyejahterakan kehidupan masyarakat dalam peningkatan kualitas air bersih.

Soal Pengusiran Wartawan saat Rekapitulasi, KPU Pamekasan: Miskomunikasi

“Melalui kerja sama ini diharapkan mampu melayani kebutuhan air bersih para santri dan pengurus pondok pesantren. Diharapkan juga kerja sama antar berbagai pihak ini dapat bersifat sustainable atau berkelanjutan,” tuturnya.

Seperti diketahui, air bersih menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia. Namun, tidak semua masyarakat, terutama di daerah pedesaan, memiliki akses yang memadai terhadap pasokan air bersih. Melihat kondisi ini, Unusa dan Pelindo mengambil inisiatif untuk bekerja sama dalam membangun sistem pengolahan air bersih yang handal dan berkelanjutan.

Insiden Pengusiran Wartawan saat Rekapitulasi KPU Pamekasan, PWI Siapkan Langkah Hukum

Corporate Secretary PT Pelindo Terminal Petikemas, Widyaswendra menyampaikan, timnya tergerak dalam kolaborasi ini berawal saat mengetahui realita pada santri Pondok Pesantren Hidayatun Najah yang terikat waktu secara bergantian untuk mandi dan mereka pun harus mandi di sungai yang berada di belakang pondok.

“Kami sangat antusias dan mendukung penuh kolaborasi ini saat mengetahui realita yang ada. Kerja sama ini memang terbilang kolaborasi bentuk mikro, namun memiliki dampak luar biasa dan turunannya pun dapat bermanfaat seperti dapat dikembangkan untuk budidaya ikan atau beternak, namun yang paling penting adalah para santri dapat terlindungi dan beraktivitas dengan adanya sistem pengolahan air bersih saat ini,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title