Bawaslu RI Buka Suara Soal Usulan Penundaan Pilkada 2024

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja
Sumber :
  • Viva.co.id

Jakarta, VIVA Jatim-Ketua Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu, Rahmat Bagja buka suara terkait dengan munculnya usulan untuk penundaan Pilkada 2024 yang rencananya dijadwalkan digelar pada November 2024.

Eks Bupati Probolinggo akan Jalani Sidang TPPU, Kemenkumham Jatim Dukung Upaya KPK

"Untuk persoalan itu (usul pilkada ditunda), dibahas tertutup sehingga saya nggak bisa komen karena itu seharusnya rapat tertutup," ujar Bagja di kantor C1 KPK, Jumat 14 Juli 2023.

Menurut Bagja, saat ini masih dalam tahap pembicaraan. Penundaan yang mencuat, lanjut dia, tidak termasuk dalam usulan lembaga. Solusi dari usulan yang diajukannya juga telah dibahas dalam forum tertutup tersebut.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

"itu dibahas di forum tertutup sehingga kemudian saya kira hal tersebut juga nanti solusinya akan apa, ada di forum tertutup juga. Itu pun juga masih diskusi, bukan kemudian usulan lembaga," jelas dia. 

Lebih jauh, Bagja menekankan bahwa usulan penundaan itu bukanlah sebuah usulan yang dikeluarkan lembaga. Melainkan hanya diskusi yang digelar secara tertutup. Sehingga, hal itu tidak akan diusulkan lebih lanjut, seperti ke komisi II DPR.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

"Itu hanya beberapa pembahasan dalam diskusi tertutup. Oke. Tidak, tidak diusulkan makanya hal itu bisa dilihat dari apa yang kemudian dalam media juga," kata Bagja. 

Tetapi Bagja tidak mempermasalahkan terkait dengan apa yang disampaikannya itu dikutip oleh sejumlah media. Pasalnya, dalam diskusi tertutup itu ia juga memaparkan beberapa masalah sehingga mengusulkan pilkada ditunda.

Halaman Selanjutnya
img_title