Cerita Mahasiswa Termuda Berusia 15 Tahun yang Berhasil Masuk Fakultas Kedokteran UI

Mahasiswa Termuda Berusia 15 Tahun Fakultas Kedokteran UI
Sumber :
  • Viva.co.id

Depok, VIVA Jatim-Dyah Ayu Ardhana Reswari (15) menjadi mahasiswa termuda yang masuk di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) tahun ini. Dyah lolos ujian masuk melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Dyah adalah lulusan SMAN 1 Cileungsi, Bogor.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

“Dulu, banyak yang bilang impian saya untuk masuk FKUI terlalu idealis dan tidak realistis. Namun, Alhamdulilah, berkat dukungan orang tua dan teman-teman, saya memberanikan diri untuk memilih FKUI di SNBT,” katanya, Sabtu 15 Juli 2023. 

Dyah menceritakan, menjadi dokter adalah cita-citanya sejak kecil. Walau sempat dianggap untuk masuk Fakultas Kedokteran UI adalah tidak realistis, namun kini dia membuktikan impian tersebut. Beruntung Dyah memiliki orang tua yang sangat mendukung sehingga dia berhasil masuk FKUI.

Pakar Hukum Sebut MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran, Ini Alasannya

Dyah menempuh perjalanan yang tidak mulus. Karena awalnya nilainya masih dianggap kurang. Dia pun terus berusaha hingga akhirnya berhasil menggapai impiannya.

“Walaupun nilai try out masih kurang, saya tetap berusaha, dan saya pun berhasil. Jadi, tidak ada yang tidak mungkin kalau kita berusaha dan yakin,” tegasnya.

Libur Lebaran, Dokter Imbau Warga RI Waspada Flu Singapura dan DBD

Sebelumnya, dia gagal seleksi lewat jalur masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Hal itu tidak mematahkan semangatnya untuk meneruskan pendidikan ke FK UI. Dia pun rajin mengerjakan latihan soal, mengikuti try out, dan me-review hasil ujian.

“Review inilah yang paling penting karena dengan melihat letak kesalahan saat latihan atau try out, saya bisa mempelajari lagi materi yang kurang dimengerti,” tukasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title