Begini Cara WhatsApp Turut Serta Wujudkan Pemilu Sehat di Indonesia

Ilustrasi WhatsApp.
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim – Pesta demokrasi tahun 2024 melalui Pemilihan Umum (Pemilu) kian mendekat. Sejumlah upaya mengantisipasi kegaduhan dan ketegangan konflik akibat pilihan politik terus dilakukan. Tak terkecuali meminimalisir informasi simpangsiur yang dapat memicu munculnya konflik.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Salah satu aplikasi perpesanan termasyhur, WhatsApp turut serta ambil peran dalam mewujudkan pemilu yang sehat. Pihaknya pun bekerjasama dengan Kemenkominfo, ICT Watch, Bawaslu dan Siberkreasi. Meluncurkan Workshop Literasi Digital dengan tema 'Lawan Mosinformasi untuk Pemilu Sehat'.

Workshop Literasi Digital bakal berlangsung di 8 kota berbeda. WhatsApp bersama para pihak yang terlibat akan mengedukasi masyarakat untuk menemukan misinformasi di aplikasi perpesanan. Sebuah alat di WhatsApp untuk memverifikasi (memeriksa dengan organisasi pemeriksaan fakta IFCN langsung di WhatsApp).

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

Public Policy Manager WhatsApp, Esther Samboh mengatakan bahwa untuk mencegah penyebarannya yakni dengan mengetahui pesan yang ditandai sebagai 'diteruskan' dan 'diteruskan berkali-kali', batas penerusan pesan, atau dengan memblokir dan melaporkan pesan yang mencurigakan. 

"WhatsApp berinvestasi dalam mengedukasi pengguna dengan tools untuk mendapatkan informasi terverifikasi dan menemukan informasi yang salah menjelang Pemilu," kata Esther Samboh dalam keterangannya, dikutip dari VIVA, Senin, 17 Juli 2023.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

Menurutnya ini merupakan kelanjutan dari upaya literasi digital perusahaan di Indonesia, yang telah menjangkau lebih dari 8 juta orang dalam kurun 3 tahun melalui pelatihan dan workshop yang bekerja sama dengan ICT Watch dan Kominfo.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, Semuel A. Pangerapan mengatakan, literasi digital adalah pengetahuan dasar yang wajib dimiliki masyarakat, terutama menjelang Pemilu.

Halaman Selanjutnya
img_title