Polres Tulungagung Bahas Draft Perbub Atribut Perguruan Silat Usulan Pemkab

Suasana Mapolres Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Ketegangan antar perguruan silat yang telah terjadi disebabkan ulah oknum, menjadi bahan pemerintah daerah untuk membuat kebijakan di masing-masing wilayah. Polres Tulungagung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) draft Rancangan Perbub Atribut Perguruan Silat dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Rakor Pembahasan Rancangan Peraturan Bupati Tulungagung tentang Larangan Penggunaan Atribut Perguruan Silat di Kabupaten Tulungagung, berlangsung di Gedung Utama Sarja Arya Racana Mapolres Tulungagung, Senin, 17 Juli 2023.

"Rakor tadi sebatas membahas draft yang disampaikan oleh Pemkab Tulungagung kepada kita, untuk mempelajari isi daripada draft tersebut. Arahnya masalah penggunaan atribut perguruan," ungkap Kasi Humas Polres Tulungagung, Inspektur Polisi Satu Mujiatno.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Perihal latar belakang adanya rancangan Perbub tentang atribut ini, pemerintah Tulungagung pastin mengharapkan situasi harkamtibmas di wilayah Tulungagung kondusif, tidak ada gesekan-gesekan antara pemuda perguruan.

Oleh sebab itu, Mujiatno menuturkan pembahasan draft perbub ini sangat penting. Dalam rakor, turut mengundang Kapolsek se-Tulungagung untuk mendengarkan jejak pendapat di masing-masing wilayah sampai tingkat bawah. 

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Kita pembahasannya melibatkan Kapolsek jajaran. Kapolsek kita (minta) pertimbangan, Kapolsek ini tahu wilayah masing-masing yang masalah perguruan. Jadi kita minta masukan dari beliau-beliau," imbuhnya.

Polisi asal Kecamatan Pakel ini mengaku, proses menjadi sebuah Perbub masih panjang, mulai disepakati oleh sejumlah Forkopimda hingga tokoh masyarakat. Untuk target penyelesaian, dirinya belum tahu kapam bisa rampung, mengingat prosesnya masih panjang.

Halaman Selanjutnya
img_title