Wali Kota Surabaya Ajak Tenant Investor SIER Sinergi Entaskan Kemiskinan

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim– Dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kota Pahlawan, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengajak seluruh tenant yang ada di PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) untuk saling bersinergi. Secara khusus, ia meminta perusahaan atau pabrik-pabrik yang ada di kawasan industri SIER untuk merekrut tenaga kerja dari penduduk Surabaya. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Hal itu disampaikan saat memberikan pengarahan dalam acara Navigating The Human Resources Landscape: Exploring Future Trends In Industry, di Hall Basrani Rizal, Wisma SIER Surabaya, Kamis, 27 Juli 2023.  

"Saya terkadang merasa sedih, saat membuka atau memberikan izin investasi baru seluas-luasnya, tapi yang bekerja bukan orang Surabaya. Seharusnya karena investasinya di Surabaya, harusnya yang bekerja mayoritas juga orang Surabaya," ujarnya. 

THR-TRS di Surabaya bakal Dijadikan Tempat Konser Skala Internasional

Ia menyarankan untuk teknisnya dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya, agar mencari tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai yang dicari tenant. Diketahui, hadir para pembicara dari Forkom tenant SIER, Daya Lima DDI, dan Meratus.

Wali Kota Eri mengatakan di depan perwakilan tenant dan investor kawasan industri SIER, selama ini memang tidak ada kerjasama antara Pemkot Surabaya dan perusahaan dalam mencari tenaga kerja. Untuk itu, ia menawarkan konsep link and match pencarian tenaga kerja yang melibatkan Pemkot Surabaya melalui Disnaker.

Wali Kota Eri Cahyadi Sebut Rumdisnya adalah Rumah Masyarakat Surabaya

 "Jika perusahaan di SIER membutuhkan tenaga kerja, bisa menghubungi disnaker. Selanjutnya disnaker akan mencari dan memberikan pelatihan sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Dengan begitu, jika warga Surabaya yang sudah diberikan pekerjaan itu tidak bekerja dengan baik, bisa ikut memberikan peringatan keras juga, tidak hanya perusahaan saja," ungkapnya.

Wali Kota Eri kemudian memberikan apresiasi salah satu perusahaan di kawasan SIER yang lebih 80 persen karyawannya adalah orang Surabaya yakni PT Sampoerna. Bahkan perusahaan tersebut juga sangat gencar memberikan corporate social responsibility (CSR) untuk warga Kota Pahlawan.

Halaman Selanjutnya
img_title