Konflik Rusia dan Ukraina Sulit Dilerai, Vladimir Putin Ungkap Alasannya

Presiden Rusia Vladimir Putin
Sumber :
  • Viva

Moskow, VIVA Jatim – Berbagai upaya mendamaikan konflik Rusia dan Ukraina telah dilakukan. Baik oleh berbagai negara lain maupun pemangku kebijakan tingkat dunia. Namun rupanya upaya tersebut tak terealisasi dengan baik. Konflik keduanya pun sulit dilerai.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Presdien Rusia Vladimir Putin menegaskan bahwa Prakarsa Afrika dapat menjadi dasar bagi perdamaian perang yang terjadi di Ukraina. Namun, karena Ukraina terus melakukan serangan dari Kiev, membuat perdamaian sulit direalisasikan.

Penegasa itu disampaikan Putin saat menjadi pembicara dalam konferensi pers setelah bertemu para pemimpin Afrika di St Petersburg pada Jumat, 28 Juli 2023 lalu. Ia hadir ke acara tersebut juga dalam rangka mendengarkan seruan mereka untuk perdamaian kedua belah pihak.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

"Ada ketentuan dari inisiatif perdamaian ini yang sedang dilaksanakan. Tapi ada hal-hal yang sulit, yang mungkin susah untuk diterapkan," katanya, dikutip dari VIVA, Selasa, 1 Agustus 2023.

Sebelumnya, pada bulan Juni mediasi Afrika dalam konflik tersebut dapat dimulai dengan langkah-langkah membangun kepercayaan yang diikuti dengan penghentian perjanjian permusuhan dan negosiasi antara Rusia dan Barat.

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

Putin mengatakan bahwa salah satu poin inisiatif itu adalah gencatan senjata.

"Tetapi tentara Ukraina menyerang, mereka menyerang, mereka menerapkan operasi ofensif strategis skala besar. Kami tidak dapat menghentikan tembakan ketika kami diserang," tambahnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title