Tanggapi Rocky Gerung, Gus Salam Minta Masyarakat Tiru Gus Dur

Wakil Ketua NU Jatim Gus Salam
Sumber :
  • Media Center NU Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib berpendapat kasus Rocky Gerung seharusnya tak perlu dilaporkan ke polisi. 

Coblosan Pemilu 2024 Usai, Gus Salam: Idealisme Politik Santri Harus Tetap Dijaga

Menurut Pengasuh Pondok Pesantren itu pernyataan Rocky soal kritik terhadap Presiden tidak akan menjatuhkan marwah Jokowi sebagai individu maupun kepala negara.

“Mari kita belajar dari Gus Dur yang terbiasa merayakan perbedaan pendapat, kritik bahkan hinaan dengan tetap tenang tanpa sedikitpun niatan untuk melaporkan pihak-pihak yang berbeda dengan beliau," kata Gus Salam, sapaan akrabnya, Sabtu, 05 Agustus 2023.

Mengenang Jasa Gus Dur pada Perayaan Imlek Indonesia

Kepada masyarakat, ia meminta agar tidak ambil pusing soal hinaan Rocky Gerung yang menyebut Presiden Joko Widodo.

"Semua menyadari statemen Rocky Gerung sangat tidak beradab, namun sebaiknya penyelenggara negara fokus menangani kasus-kasus hukum yang besar lebih dulu. Misalnya kasus korupsi yang telah menyandera Indonesia, kemiskinan dan ketidakadilan yang menghambat proses kemajuan bangsa," kata Gus Salam. 

Terharu, Gus Salam Ungkap Suka Duka Laskar Santri Perjuangkan AMIN di Jatim

Pengamat Politik, Rocky Gerung ini menjadi sorotan publik karena pernyatannya yang menghina dan memfitnah Presiden Jokowi usai mengisi acara Seminar dan Konsolidasi Akbar Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) pada 29 Juli 2023 di Islamic Center, Bekasi.

Namun demikian, ia menyampaikan permohonan maaf lantaran ucapan 'bajingan tolol' yang dinilai mengina Presiden Jokowi telah memicu kegaduhan di masyarakat.