Kekeringan Landa 10 Kecamatan di Bondowoso, DPRD Jatim: Pemerintah Harus Sigap

Ketua komisi D DPRD Jatim, dr Agung Mulyono
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Bondowoso, VIVA Jatim-Kabupaten Bondowoso saat ini dilanda kekeringan akibat musim kemarau panjang. Akibatnya, ada 44 dusun di 10 kecamatan mengalami krisis air bersih, karena sumber air sudah mengering. 

Apik Layani Mudik 2024, Bandara Abdurachaman Saleh Malang Diapresiasi DPRD Jatim

Kondisi tersebut mendatangkan atensi dari DPRD Jawa Timur. Ketua komisi D dr Agung Mulyono meminta agar Pemprov segera memberikan bantuan air bersih untuk warga di kabupaten Bondowoso. 

“Jika ada permintaan dari warga maka harus secepatnya dilakulan dropping air bersih ke wilayah terdampak karena ini kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Pemerintah harus sigap dan sepenuhnya merespon permasalahan ini dengan cepat,” katanya, Sabtu 5 Agustus 2023. 

Politisi Bawean Minta Pemerintah Segera Bantu Korban Gempa

Lulusan Fakultas Kedoktoran Unair itu juga meminta agar pemerintah melakukan update secara rutin wilayah yang mengalami kekeringan, dan membutuhkan air bersih. Pendataan berkala itu harus dikerjakan, supaya masyarakat tidak menunggu dan permasalahan yang dialami warga bisa segera tertangani.

Menurutnya, dropping air bersih ini sangat diperlukan, mengingat masih ada beberapa titik di yang mengalami kesulitan air bersih akibat kekeringan. Pemerintah daerah juga diminta mengupdate daerah mana yang terdampak secara berkala. 

Jaga Lingkungan Sehat, Bapemperda Jatim Inisiasi Raperda Kawasan Tanpa Rokok

“Harus ada pendataan secara rutin mulai dari tingkat RT hingga kecamatan dan kabupaten/kota. Supaya masalah kekurangan air bersih ini ditangani secepatnya,” jelasnya. 

Selain itu, untuk ke depannya ia minta pihak terkait untuk membuat atau menyediakan pompa air di titik-titik yang terdapat sumber air maupun upaya lain untuk mengatasi permasalahan kesulitan air bersih. 

Halaman Selanjutnya
img_title