Pelaksanaan Pilpres 2024 Tinggal Sebentar lagi, Demokrat Desak Anies Baswedan Umumkan Cawapres

Bakal calon presiden, Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim – Mengingat waktu pelaksanaan Pilpres 2024 tinggal sebentar lagi, Deputi Bappilu Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, mengatakan tidak ada alasan untuk menunda deklarasi paket capres-cawapres koalisi tersebut.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Namun, walaupun beberapa nama telah mencuat, baik di dalam atau di luar koalisi,  bakal capres 2024 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, belum juga mengumumkan siapa cawapres yang akan mendampinginya. 

"Melihat dengan saksama waktu yang tersedia hanya tinggal 6 bulan lagi, tak ada alasan yang rasional atau argumen yang memadai untuk menunda-nunda deklarasi paket komplit capres dan cawapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP)," kata Kamhar kepada awak media, Senin, 7 Agustus 2023. 

Yuhronur Efendi Daftar Cabup Lamongan ke Demokrat, Ingin Direkom Lagi

Kamhar mengingatkan, dibandingkan dengan koalisi lain, Koalisi Perubahan tidak memiliki elektabilitas yang lebih tinggi. Terlebih, koalisi yang dibangun oleh Demokrat, PKS dan Nasdem ini tidak mempunyai fasilitas dari penguasa.

"Justru sebaliknya, kita berada pada posisi yang mesti bekerja ekstra untuk mengejar ketertinggalan elektabilitas dan pada posisi yang vis a vis (berhadapan) dengan penguasa yang memiliki besutan kandidat sendiri," kata dia. 

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Dengan keadaan ini, Kamhar mendorong agar Koalisi Perubahan membuat terobosan politik baru untuk mengejar ketertinggalan, dengan segera mengumumkan paket capres-cawapres.

"Agar seluruh sumber daya pemenangan yang dimiliki baik dari partai, relawan, dan simpatisan, bisa segera terkonsolidir dan bekerja secara optimal dalam menjalankan kerja-kerja politik pemenangan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title