Ekonomi Jatim Tumbuh 5,24 Persen, Ungguli Nasional dan Tertinggi di Jawa

Ekonomi Jawa Timur tumbuh 5,24 persen
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Provinsi Jawa Timur mengalami pertumbuhan ekonomi pada periode Triwulan II 2023. Tercatat tumbuh impresif di angka 5,24 persen secara year on year. Diketahui, jumlah tersebut di atas angka pertumbuhan ekonomi nasional pada periode yang sama, yakni 5,17 persen. 

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Kemudian berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik, secara q-to-q ekonomi Jawa Timur pada periode tersebut juga tumbuh sebesar 2,66 persen. Angka pertumbuhan tersebut tercatat tertinggi dari semua provinsi yang ada di Pulau Jawa.

Provinsi Jawa Barat sebesar 2,08 persen, Jawa Tengah 1,61 persen, DKI Jakarta 1,25 persen, Banten 1,11 persen, sementara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 0,90 persen.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Pada periode triwulan II 2023, ekonomi Jawa Timur juga berkontribusi signifikan pada pertumbuhan perekonomian nasional sebesar 14,45 persen, dan 25,23 persen terhadap perekonomian Pulau Jawa.

"Alhamdulillah secara year on year semua lapangan usaha di Jatim mengalami pertumbuhan positif," kata Gubernur Khofifah dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Rabu, 9 Agustus 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Tumbuhnya perekonomian Jawa Timur pada periode tersebut disokong meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat yang mendorong tumbuhnya permintaan domestik, meningkatnya volume perdagangan, serta menggeliatnya aktifitas pada sektor jasa.

"Lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan paling signifikan adalah transportasi dan pergudangan yang tumbuh sebesar 13,90 persen," ujar Gubernur perempuan pertama Jawa Timur itu.

Halaman Selanjutnya
img_title