Rilis SSC: Ganjar Pranowo Unggul Sebagai Capres di Empat Segmen Pemilih

Peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimSurabaya Survey Center (SSC) merilis elektabilitas Calon Presiden Ganjar Pranowo tinggi di empat segmen pemilih, yakni perempuan, milenial, Nahdliyin dan Muhammadiyah

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Di segmen pemilih perempuan, jago PDI P ini mendapat elektabilitas 41,3 persen. Menyusul dibawahnya Prabowo Subianto dengan persentase 34,2 persen, sedangkan Anies Baswedan 16,7 persen. Untuk pemilih milenial, Ganjar mendapat persentase elekabilitas 43,3 persen, sedangkan Prabowo 32,8 persen, dan Anies mendapat 17,9 persen. 

Di segmen golongan Nahdliyin, Ganjar masih memuncaki dengan angka elektabilitas 42,4 persen, disusul Prabowo 31,7 persen, dan Anies 13,1 persen. Hal yang sama terjadi juga di Muhammadiyah, Ganjar masih menjadi primadona dengan angka elektabilits 40,8 persen, mengikuti dibawahnya Prabowo 28,3 persen, dan Anies 22,0 persen. 

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

“Di wilayah Jawa Timur ini, Ganjar masih bertengger di puncak elektabilitas, tren positif peningkatan angka elektabilitas ini semakin menguatkan dirinya mampu merebut hati masyarakat Jatim, meski masih dibayangi secara ketat oleh beberapa nama, baik itu Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan,” kata peneliti senior SSC, Ikhsan Rosidi pada Rabu 9 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Ikhsan mengatakan pencapaian signifikan Ganjar ini tidak terlepas dari kerja politik panjang yang dilakukan Ganjar selama ini, baik sebagai Gubernur Jateng maupun sebagai tokoh terkemuka di partai politik terbesar di Indonesia. 

Pakar Hukum Sebut MK Tak Akan Diskualifikasi Gibran, Ini Alasannya

"Sebagai Gubernur, Ganjar dinilai telah berhasil mengelola dan memimpin Jateng ditandai dengan berbagai penghargaan yang diterimanya sebagai kepala daerah. Sedangkah sebagai tokoh politik Ganjar juga sukses membangun citra diri positif sejauh ini," pungkasnya. 

Diketahui, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli - 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.