Miris, 40 Ribu Penduduk Tulungagung Menganggur

Suasana pencari kerja di Job Fair.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimLapangan pekerjaan masih menjadi buruan orang untuk mendapatkan penghasilan. Jumlah angka pengangguran di usia angkatan kerja di Tulungagung mencapai 40 ribu orang.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Statistisi Muda Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tulungagung, Suci Handayati menjelaskan data tentang pengangguran pengangguran terbuka (TPT)  untuk 2022 mencapai 6,65 persen. Jumlah tersebut  mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, bahkan tahun Covid-19. 

"Sudah kami laporkan ke Bupati dan kami rilis berita statistiknya yang dihasilkan dari 2022. Kalau dinominalkan itu 40.148 orang (pengangguran) dari jumlah penduduk usia kerja," ujar Suci Handayati, ditemui di kantor BPS Tulungagung, Kamis, 10 Agustus 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Menurutnya, pada 2022 tersebut angka pengangguran cukup tinggi, ada hampir 2 persen poin kenaikan dibanding sebelumnya. Di tahun 2021 masih diangka 29,6 ribu jiwa yang menganggur.

Suci menambahkan pengangguran dan kemiskinan memiliki korelasi. Akan tetapi ada banyak hal yang harus diperhatikan terhadap fenomena apa yang sedang terjadi di masyarakat.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Kebijakan apa yang bisa mempengaruhi kemiskinan dan pengangguran, itu yang kita perhatikan. Meskipun teori ada korelasinya," bebernya.

Perempuan yang sebelumnya bertugas di BPS Mojokerto ini mengaku, temuan peningkatan angka pengangguran ini sebagai bahan apakah yang menjadi pengaruh. Dari penelusuran responden, melalui data dan survei angkata kerja, ternyata bahwa efek dari pandemi masih cukup tinggi hingga saat ini.

Halaman Selanjutnya
img_title